Dari Penutup Pintu hingga Menciptakan Privasi, Ini lho Aneka Model dan Fungsi Tirai Zaman Now

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 11 September 2020 11:11
Dari Penutup Pintu hingga Menciptakan Privasi, Ini lho Aneka Model dan Fungsi Tirai Zaman Now
Beberapa model dan aneka fungsi tirai.

Penggunaan tirai pada umumnya memang dijadikan sebagai penutup jendela. Namun, sesuai perkembangan serta kebutuhan manusia yang kian kompleks menjadikan tirai memiliki banyak kegunaan yang tidak hanya dipasang pada jendela.

Tirai di jaman sekarang memiliki banyak fungsi yang bisa mempercantik ruangan rumah. Salah satunya adalah untuk memberi kesan mewah sekaligus elegan pada ruangan. Beberapa fungsi dari tirai yang bisa Moms terapkan dirumah, berikut beberapa ide menarik yang bisa di terapkan. Check this out!

1 dari 6 halaman

Menciptakan Privasi

Tirai © Diadona

Tirai yang dibuat dengan material atau bahan linen bisa digunakan untuk menutupi area-area privasi di dalam rumah. Misalnya kamar mandi, selubung tempat tidur di dalam kamar atau ketika ada sudut rumah yang ingin dijadikan ruang kerja.

 

2 dari 6 halaman

Penutup Pintu

Tirai © Diadona

Sebagai pintu utama yang berada di depan rumah, tiraii bisa dimanfaatkan sebagai penutup pada pintu yang memiliki kaca. Moms bisa menggunakan tirai besar dengan tambahan tali pengikat.

Aksen lipit pada bagian tengah memberi kesan royal dan mewah. Pilihlah warna netral seperti abu-abu, cream, atau putih yang bisa membawa kesan lembut dan membuat nyaman penglihatan.

3 dari 6 halaman

Ruang Penyimpanan

Tirai © Diadona

Jika rumah Moms termasuk kategori minimalis, bisa menggunakan tirai sebagai penutup rak. Menggunakan rak besar untuk menaruh berbagai barang perabotan bisa tutupi dengan tirai ini. Tirai akan berfungsi sebagi penutup sekaligus pemanis ruangan. Warna tirai sebaiknya disesuaikan dengan suasana serta konsep ruangan ya Moms.

4 dari 6 halaman

Jendela

Tirai © Diadona

Jika Moms memiliki jendela lebar, maka bisa memilih nuansa gorden yang tidak terlalu berlebihan. Moms bisa memilih gorden polos yang warnanya disesuaikan dengan tema ruangan. Sebagai tips, bagilah jendela lebar tersebut menjadi beberapa bagian sehingga saat terbuka, gorden bisa menjadi sebuah hiasan vertikal yang cantik.

5 dari 6 halaman

Pemisah Ruangan

Tirai © Diadona

Tirai juga bisa dijadikan sebagai pemisah ruangan jika di rumah tidak memiliki sekat permanen. Memakai tirai sebagai pemisah ruangan juga bisa menghemat pengeluaran untuk renovasi rumah.

Memasang tirai selebar ruangan dan jadikan sebagai sekat antara ruang tamu dan ruang keluarga, ruang TV dan ruang makan, atau apapun ruangan lain yang Moms inginkan. Hem, cukup simple dong.

6 dari 6 halaman

Tirai Minimalis Polos

Tirai Minimalis Polos © Diadona

Salah satu jenis gorden yang banyak diminati adalah model polos namun tetap dapat terlihat manis. Pilihlah warna gorden yang tepat untuk ruangan Moms. Warna netral adalah warna terbaik yang bisa dipasang, misalnya putih, abu-abu, hitam, atau cokelat.

Buat mengurangi kesan monoton, Moms bisa memadukan gorden ini dengan perabot di sekitarnya. Pilihlah juga gorden transparan yang polos. Perpaduan antara gorden utama dan gorden transparan polos ini akan menghasilkan sebuah komposisi yang ideal abis.

 

Beri Komentar