8 Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah dan Praktis untuk Hiasan Rumah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 23 Juli 2020 10:30
8 Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah dan Praktis untuk Hiasan Rumah
Selain membutuhkan bahan jadi, ternyata cara membuat kerajinan tangan juga bisa menggunakan barang bekas lho.

Selain untuk dijual, ternyata cara membuat kerajinan tangan juga bisa dijadikan sebagai hiasan pribadi di dinding rumah lho. Apalagi menggunakan barang-barang bekas yang mungkin bagi kamu tidak memiliki nilai karya seni.

Namun, siapa sangka kalau barang bekas bisa menjadi peralatan yang bermanfaat. Selain itu, daur ulang barang bekas seperti berbahan dasar plastik juga bisa menyumbang kelestarian lingkungan hidup.

Nah, penasaran kan seperti apa caranya? Berikut kami kumpulkan cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dan praktis, agar rumah kamu semakin indah serta lebih terorganisir, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah dan Praktis

Cara Membuat Kerajinan Tangan © Diadona

Kerajinan tangan yang dibuat dari bahan bekas, ternyata bisa menghasilkan barang yang lucu, cantik, sekaligus bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Selain itu, cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dan praktis juga membantu kamu dalam pengeluaran uang yang banyak, tapi justru bisa memiliki nilai tambah, sebab dibuat dari bahan-bahan yang diolah kembali.

Untuk itu, berikut cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dan praktis, yang bisa kamu coba di rumah.

1. Vas Bunga

- Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan ialah gunting, lem kayu, hiasan manik-maik, sedotan warna-warni dan kaleng bekas. Setelah semua barang terkumpul, guntinglah sedotan menjadi 3 bagian, lalu gunting dengan bagian atas sedotan yang berbentuk runcing.

- Selanjutnya, beri lem kayu pada kaleng bekas tersebut secara merata dan menyeluruh pada bagian muka, lalu potonglah bagian atas kaleng tersebut.

- Rekatkanlah sedotan pada kaleng yang sudah diolesi lem, dan tata dengan cara selang-seling warna. Lalu, rapikan bagian ujung pada sedotan yang melebihi tinggi kaleng tersebut.

- Terakhir, tutup sedotan tersebut dengan melapisi manik-manik, dan tunggu sampai benar-benar kering. Taraaaa... Vas bunga siap digunakan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Kardus

Cara Membuat Kerajinan Tangan © Diadona

Selama ini, mungkin kamu beranggapan bahwa kardus bekas hanya untuk menyimpan buku-buku yang tidak dipakai atau tempat mainan anak. Padahal, kardus bekas juga bisa kamu buat sebagai bingkai foto lho.

1. Bingkai Foto

Penasaran kan bagaimana caranya? Langkah pertama membuat kerajinan tangan dari barang bekas kardus sebagai pigora adalah cukup menyiapkan kardus bekas dan ditumpuk berlapis-lapis seperti pada gambar di atas.

Setelah itu, buat tatakan untuk menyangga bingkai foto dari kardus bekas. Jangan lupa membuat pola guna menghias tampilan bingkai terlihat lebih menarik dan kece.

2. Alas Laptop

Cara Membuat Kerajinan Tangan © Diadona

Selain jadi bingkai foto, cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas kardus juga bisa di jadikan sebagai tatakan atau alas laptop.

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi seorang mahasiswa atau murid sekolah dan berfungsi untuk menghindari panas berlebih yang diakibatkan sentuhan meja pada laptop. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan kardus bekas berukuran tebal untuk dijadikan tatakan meja.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah Dibuat

Cara Membuat Kerajinan Tangan © Diadona

Bagi seseorang yang menyukai sebuah karya seni, tentu akan mudah untuk disulap menjadi sesuatu barang yang bermanfaat. Sebab, membuat kerajinan tangan hanya perlu suatu kreativitas yang tinggi. Salah satunya adalah mengkreasikan ban bekas menjadi kerajinan tangan.

Adapun, cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat ialah sebagai berikut:

1. Cermin Indah dari Ban Motor Bekas

Untuk yang satu ini, bahan-bahan hanya perlu siapkan pada cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat ialah ban motor bekas dan cermin dengan bentuk menyesuaikan ukuran ban tersebut.

Setelah itu, kamu bisa mengecat ban motor bekas tersebut dengan warna putih agar terlihat aestetik.

2. Meja Unik ala Kafe-Kafe di Kota Metropolitan

Kalau kamu punya ide membangun sebuah kafe untuk nongkrong, tentunya kamu bisa memanfaatkan ban bekas mobil untuk dikreasikan menjadi meja. Selain terlihat unik, membuat kerajinan tangan dari bekas ini juga bisa menghemat biaya pengeluaran lho.

Hanya membutuhkan dua ban mobil bekas saja sudah cukup untuk membuat satu meja unik seperti pada gambar. Agar terlihat lebih menarik lagi, jangan lupa mengecat ban tersebut dengan kesukaanmu.

3. Tempat Menyimpan Payung

Selain menjadi meja dan cermin, ternyata cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat selanjutnya adalah tempat menyimpan payung.

Tak perlu membutuhkan bahan yang banyak, kamu cukup melubangi ban bekas sesuai kebutuhan hingga muat untuk dimasukkan payung. Dengan begitu, kamu tidak akan lupa menaruh payung lagi, kan?

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan © Diadona

Kehadiran barang yang berbahan plastik mungkin menguntungkan manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Namun, nyatanya banyak makhluk hidup lain yang tidak merasakan sisi positif dari adanya barang plastik tersebut. Bahkan, hewan-hewan di lautan belakangan ini seringkali terdampak dari bahayanya barang plastik.

Sehingga, dari fenomena tersebut membuktikan bahwa plastik sangatlah berbahaya karena tidak bisa terurai. Untuk itu, alangkah baiknya untuk memanfaatkan barang-barang berbahan plastik, seperti botol minum yang didaur ulang menjadi kerajinan tangan.

Untuk itu, adapun cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas yang bisa kamu coba ialah:

1. Pot Bunga dan Sayuran Gantung

- Pertama, cara membuat kerajinan tangan pot bunga dan sayuran gantung  ialah persiapkan botol plastik bekas berukuran 1.5 liter atau sesuai kebutuhan. Selanjutnya, beri lubang di tengah botol dengan pisau hingga membentuk persegi panjang seperti yang terlihat pada gambar di atas.

- Selanjutnya, masukkan tanah subur khusus untuk menanam bunga dan sayuran. Lalu, tanam berbagai bunga kecil atau sayuran yang sekiranya cukup ditampung botol plastik bekas tersebut. Ohiya, jangan lupa rajin menyirami tanamanmu ya, supaya indah dipandang mata.

5 dari 5 halaman

2. Sapu dari Botol Minum Bekas

Selain menjadi pot bunga, cara membuat kerajinan tangan juga bisa menghasilkan sapu dari botol minuman bekas lho. Hal ini tentunya sangat memberikan manfaat bagi kamu yang sudah berumah tangga.

Bahkan membuat kerajinan tangan dari botol yang disulap menjadi sapu ini pun sangat mudah langkah-langkahnya, yakni kamu hanya membutuhkan kayu untuk pegangan lalu ikat kayu dan botol menggunakan kawat. Gampang kan?

Itulah cara membuat kerajinan tangan dengan bahan bekas yang bisa kamu coba sebagia hiasan di rumah agar terlihat lebih menarik dan cantik. Selamat mencoba!

Beri Komentar