Sering Jadi Bahan Buka Puasa, Ini Manfaat Cincau untuk Kesehatan

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 16 April 2022 09:10
Sering Jadi Bahan Buka Puasa, Ini Manfaat Cincau untuk Kesehatan
Siapa nih yang suka banget buka dengan cincau~

Kalian pasti sering banget menemukan menu buka puasa yang mempunyai bahan cincau. Ya, biasanya cincau ditemukan di berbagai jenis minuman. Sebut saja es campur, bahkan es cincau itu sendiri.

Bukan hanya menyegarkan tubuh, ternyata melansir dari Merdeka.com, cincau itu bagus loh untuk kesehatan!

1 dari 6 halaman

Kontrol Berat Badan

Ilustrasi langsing © Diadona

Jika tidak dicampur dengan kandungan gula berlebiha, cincau sebenarnya bisa mengontrol berat badan karena punya kandungan serat yang tinggi. Di samping itu, cincau juga rendah kalori. Kandungan gula alami pada cincau sebenarnya juga dibutuhkan untuk energi.

2 dari 6 halaman

Pencernaan Lancar

Kandungan vitamin B dan C pada cincau sangat bermanfaat pada tubuh, termasuk dengan alkaloidnya. Kandung-kandungan tersebut diketahui sangat bermanfaat untuk pencernaan, bisa atasi sakit perut bahkan diare.

3 dari 6 halaman

Cegah Kontipasi

Ilustrasi Buang Air Besar © Diadona

Karena pencernaan lancar, tentu itu berarti cincau bisa mencegah kontipasi. Kontipasi sendiri merupakan kondisi di mana buang air besar jadi susah, kurang dari 3 kali seminggu.

4 dari 6 halaman

Atasi Malaria

Tak hanya itu, cincau juga bisa cara ampun untuk mengtasi malaria. Malaria sendiri merupakan infeksi menular akibat gigitan nyamuk. Penderitanya akan demam tinggi dan menggigil. Penelitian mengungkapkan bahwa cincau bisa menjadi obat yang sangat berguna untuk malaria karena kandungan alkaloidnya.

5 dari 6 halaman

Jaga Gula Darah

Ilustrasi Kadar Gula Darah Rendah © Diadona

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cincau mengandung gula alami yang berguna untuk energi tubuh. Kandungan alkaloid dan klorofilnya juga sangat bermanfaat untuk penderita diabetes. Gula darah pun jadi stabil karena dua kandungan tersebut.

 

Beri Komentar