Manfaat Salat Tarawih untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Jangan Diskip!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 14 April 2022 13:27
Manfaat Salat Tarawih untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Jangan Diskip!
Ternyata salat tarawih punya sederet manfaat loh untuk kesehatan tubuh~

Selain berpuasa, ibadah yang dianjurkan untuk dijalan umat muslim adalah salat Tarawih. Salat tarawih ini dilakukan setelah salat Isya, dan biasanya berjama'ah di masjid atau mushola.

Tak hanya mendapatkan pahala berlipat, Islamic Research Foundation International memungkapkan beberapa manfaat salat tarawih untuk kesehatna. Simak, yuk!

1 dari 8 halaman

Turunkan Berat Badan

Ilustrasi Wanita Salat © Diadona

Berpuasa bisa membantu turunkan berat badan. Dengan ditambah salat 5 waktu dan salat tarawih, turun berat badan semakin sangat mungkin dengan membakar lebih banyak kalori. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu diimbangi oleh makanan sehat dan bernutrisi.

 

2 dari 8 halaman

Bantu Proses Metabolisme

Ketika sudah berpuasa seharian penuh, kadar glukosa darah akan naik setelah buka puasa. Puncaknya nanti ketika 1-2 jam setelah berbuka. Waktu tersebut bertepatan dengan salat tarawih, bukan?

Dengan melakukan banyak gerakan pada salat tarawih, metabolisme tubuh pun akan terbantu dengan mengedarkan glukosa melalui alirah darah. Insulin pun kemudian mengirimkan sinyal ke sel tubuh untuk menyerap glukosa untuk mengubahnya menjadi energi.

 

3 dari 8 halaman

Tingkatkan Kebugaran

Ilustrasi Wanita Salat © Diadona

Salat tarawih berarti melakukan banyak gerakan latihan isometrik dan isotonik. Isometrik melatih kekuatan otot tanpa menggerakan sendi sekitar, seperti gerakan sujud dan ruku. Sementara isotonik gerakan memanjangkan dan memendekan otot, seperti takbiratul ihran dan iktidal. Dengan melakukan banyak gerakan perpaduan keduanya, jasmani pun semakin bugar.

4 dari 8 halaman

Lancarnya Sirkulasi Darah

Melakukan berbagai gerakan dalam salat tarawih pun bisa memperlancar sirkulasi darah. Aliran darah yang kembali ke jantung meningkat dan memperkuat otot jantung nantinya.

 

5 dari 8 halaman

Cegah Osteoporosis

Ilustrasi Bedoa dan Shalat © Diadona

Salah satu cara mencegah osteoporosis adalah dengan rutin aktif secara fisik. Tentu hal ini bisa kalian temukan di salat tarawih, bukan? Dengan salat tarawih, kepadatan mineral tulang pun terjaga bahkan meningkat. Dalam kasus ini, tentu tarawih sangat bermanfaat untuk lansia dan pascamenopause nih! Pelumasan dan kelentuan sendi tubuh pun bisa meningkat.

 

6 dari 8 halaman

Cegah Risiko Penyakit Kardiovaskular

Ternyata gerakan salat berulang pada salat tarawih bermanfat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, yang tentu sangat menyehatkan jantung. Tak hanya itu, berat badan, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh juga bisa menurun.

 

7 dari 8 halaman

Mood Membaik

Ilustrasi Wanita Salat © Diadona

Tak hanya bermanfaat untuk fisik, kesehatan mental pun juga. Salah satunya adalah mengurangi stres dan kecemasan, sehingga mood pun jadi membaik. Sebab penelitian dari Harvard Mind Body Medical Institute menemukan bacaan doa dan ayat Al-qur' an saat salat bisa membuat tubuh rileks. Otot mengendur, tekanan darah menurun, dan laju pernapasan terkontrol.

 

Beri Komentar