Sering Gunakan Tisu Basah untuk Kulit Nggak Bagus lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 23 Januari 2022 08:27
Sering Gunakan Tisu Basah untuk Kulit Nggak Bagus lho!
Siapa nih yang selalu bawa tisu basah tapi untuk kebersihan kulit~

Sekarang ini, selain hand sanitizer, orang-orang jadi sering membawa tisu basah. Penggunaannnya pun bermacam-macam. Ada yang untuk membersihkan barang-barang, dan juga tak jarang ada yang menggunakannya untuk membersihkan kulit.

Namun ternyata melansir dari Times of India via merdeka.com, penggunaan tisu terlalu sering bisa nggak bagus, lho!

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Pakai Tisu Basah © Diadona

Memang tisu basah praktis banget untuk dibawa ke mana-mana, tapi kalian tentu sudah tau kalau tisu basah bukan sembarang basah, melainkan ada kandungan kimia tertentu. Jika digunakan sering-sering pada kulit, ada risiko kulit menjadi ruam.

Penggunaan tisu basah tak jarang digunakan sebagai pengganti tisu toilet. Tisu ini digunakan untuk cebok membersihkan anus setelah BAB. Beberapa tisu basah mengandung kandungan kimia methylchloroisothiazolinone (MCI), yang bisa membuat kulit rusak dan sakit.

 

2 dari 4 halaman

Tak hanya itu, tisu basah juga mengandung bahan pewangi dan pengawet. Sehingganya, tisu basah itu seharusnya tidak digunakan untuk kulit. Apalagi jika digunakan untuk balita dan anak kecil.

Selain itu, penggunaan tisu basah itu sebaiknya hanya untuk satu kali pemakaian Jika digunakan secara berulang, bakteri malah menyebar, bukan terbasmi. Nah lo, bahaya, dong?

 

3 dari 4 halaman

Tisu basah punya perbedaan satu sama lain dalam membunuh bakteri, berdasarkan sebuah penelitian oleh Cardiff University. Makanya, dibandingkan dengan menggunakan sabun dan air, membersihkan diri dengan tisu basah kurang diandalkan.

 

Beri Komentar