Bisa Ngilangin Pahit, tapi Kenapa Obat Nggak Boleh Diminum dengan Pisang?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 20 Januari 2022 18:03
Bisa Ngilangin Pahit, tapi Kenapa Obat Nggak Boleh Diminum dengan Pisang?
Coba sini cari tahu jawabannya!

Sebagian orang menganggap obat sebagai momok. Tak heran, mereka yang demikian kerap mengonsumsi obat dengan cara-cara yang unik mulai dari menutup hidung, menggunakan jus buah, hingga makan pisang.

Di antara ketiganya, Anda mungkin sudah tak asing dengan minum obat pakai pisang. Memang, pisang bisa membantu proses menelan obat, khususnya yang bentuknya tablet atau pil. Namun, cara ini rupanya tidak dianjurkan secara medis, lho!

Faktanya, minum obat dengan pisang justru dapat berbahaya. Seperti apa maksudnya? Yuk, cari tahu!

1 dari 5 halaman

Minum ObatMinum Obat © Shutterstock

Menurut ahli diet Morton Tavel, MD, pisang kaya akan kalium. Mineral ini berfungsi mengendalikan sel saraf dan otot, terutama otot jantung. Mengonsumsi pisang bersama obat tertentu, seperti obat tekanan darah dan penghambat enzim, ACE inhibitor dapat menyebabkan penumpukan kalium.

Obat yang hanya dapat dikonsumsi dengan resep dokter itu juga menyebabkan terhambatnya kalium keluar melalui urine. Akibatnya, sejumlah gangguan kesehatan dapat terjadi.

“ Penumpukan kalium berlebih dapat menyebabkan ritme jantung berdetak tidak teratur,” jelas Morton, dikutip dari Singlecare.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi PisangIlustrasi Pisang © Pexels

Mengonsumsi obat ACE inhibitor secara intens ditambah dengan asupan kalium tinggi seperti pisang dapat menyebabkan hiperkalemia atau kadar kalium berlebihan.

Menilik laporan Kidney Fund, hiperkalemia adalah kondisi gawat darurat lantaran dapat menyebabkan penderitanya mengalami serangan jantung bahkan kematian.

Pengidap hiperkalemia pun dapat mengalami sejumlah gejala sebelum kondisinya memburuk. Gejala tersebut, yakni detak jantung tidak teratur, kelelahan, kesemutan, mual dan muntah, sulit bernapas, hingga nyeri dada.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Minum ObatIlustrasi Minum Obat © Shutterstock

Selain ACE inhibitor, jenis obat-obatan lain yang dapat menyebabkan hiperkalemia dan tidak disarankan dikonsumsi bersama pisang adalah:

  • Penghambat reseptor angiotensin
  • Obat antiradang nonsteroid (NSAID)
  • Beberapa jenis obat kemoterapi

Selain itu, pisang juga tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama suplemen kalium. Jika abai, hal tersebut dapat menyebabkan hiperkalemia.

4 dari 5 halaman

Penting untuk mengetahui obat dan makanan yang tidak boleh digunakan bersama dengan obat yang hendak diminum agar tidak berinteraksi. Untuk mencegah timbulnya interaksi obat, maka hindari penggunaan pisang bersamaan dengan obat.

Adanya senyawa yang terdapat dalam pisang dapat berinteraksi dengan obat yang diminum. Maka, konsumsi obat disarankan menggunakan segelas air putih agar efek obat optimal dan tidak membahayakan tubuh.

Beri Komentar