Sering Ditemui, Ternyata Ini Lho Penyebab Seseorang Mengalami Mabuk Perjalanan

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 12 November 2021 17:03
Sering Ditemui, Ternyata Ini Lho Penyebab Seseorang Mengalami Mabuk Perjalanan
Kenapa bisa gitu ya? coba lihat penjelasannya berikut ini yuk!

Penyakit mabuk perjalanan merupakan sesuatu yang tak dialami oleh semua orang. Ketika kamu berpergian menggunakan pesawat, kereta api, atau bahkan mobil, organ sensorik pada tubuh mengirimkan pesan ke otak yang dapat menyebabkan pusing atau mual. Sebenarnya kenapa sih?

Dilansir dari healthline.com, penyakit mabuk perjalanan ini memiliki ciri-ciri seperti keringat dingin, pusing, pucat, sakit kepala bahkan sampai mual dan muntah. Jika dilevel yang lebih parah, mabuk perjalanan bisa membuatmu kesulitan utnuk menjaga keseimbangan.

1 dari 5 halaman

Penyebab Mabuk Perjalanan

Ilustrasi Mabuk Perjalanan © Diadona

Saat kamu sedang diperjalanan, tentu tubuhmu akan menjaga keseimbangan dan dibantu oleh sinyal yang dikirim dari berbagai bagian tubuh. Seperti mata dan telinga bagian dalam. Kemudian reseptor sensorik pada tubuhmu membuat sistem saraf tahu bagian mana dari tubuhmu yang menyentuh tanah.

Saat sedang diperjalanan tentu sinyal-sinyal ini bertentangan dan menyebabkan mabuk perjalanan. Misalnya saat kamu sedang naik pesawat, kamu tidak bisa melihat turbulensi, namun kamu bisa merasakan hal itu. Kebingungan-keningungan ini yang dapat menyebabkan mual bahkan muntah.

2 dari 5 halaman

Faktor Mabuk Perjalanan

Ilustrasi Mabuk Perjalanan © Diadona

Segala macam perjalanan seperti darat, udara, atau diatas air bisa menimbulkan perasaan tidak enak yang disebabkan oleh mabuk. Kadang, wahana hiburan yang ekstrim juga bisa menyebabkan mabuk seperti ini.

Selain itu, anak-anak usia 2-12 tahun dan ibu hamil juga memiliki kemungkinan besar untuk mengalami mabuk perjalanan.

3 dari 5 halaman

Cara Mengobati

Ilustrasi Mabuk Perjalanan © Diadona

Sekarang sudah banyak obat yang dijual untuk mengatasi mabuk perjalanan. Sebagian besar hanya bisa mencegah dan sebagiannya lagi menyebabkan kantuk sehingga kita tertidur saat diperjalanan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan minyak kayu putih maupun minyak telon untuk diusapkan ke perut serta dada agar rasa mual akibat mabuk perjalanan perlahan menghilang.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Mabuk Perjalanan © Diadona

Selain cara tersebut, beberapa hal ini juga bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya mabuk selama perjalanan:

  • Hindari makanan pedas, makanan berat, alkohol, kafein, dan makanan dengan bau yang tajam. Namu juga jangan melewatkan makan sebelum bepergian.
  • Jangan membelakangi arah kendaraan. Sebisa mungkin duduk pada posisi depan di samping supir. Jika naik pesawat, pilihlah kursi yang dekat dengan sayap. Jika naik kapal, duduk di sebelah tengah untuk meminimalisasi pergerakan yang terjadi.
  • Jangan bermain smartphone.
  • Lihat ke titik atau pemandangan yang terletak jauh dari kendaraan.

Beri Komentar