Lidah Buaya Bisa Bantu Atasi Rambut Rontok, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 10 November 2021 17:03
Lidah Buaya Bisa Bantu Atasi Rambut Rontok, Mitos atau Fakta?
Benarkah lidah buaya bisa mengatasi rambut rontok?

Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang cukup umum dialami wanita. Selain merasa sebal karena menemukan helaian rambut di berbagai penjuru rumah, masalah ini juga dapat membuat rambut semakin menipis. Itulah sebabnya, banyak wanita yang mencari cara mengatasi rambut rontok yang efektif.

Salah satu bahan alami yang digadang-gadang mampu mengatasi rambut rontok adalah lidah buaya. Untuk tahu apakah benar tanaman ini mampu mengatasi rambut rontok, yuk simak pembahasan berikut ini!

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona

Tidak ada salahnya mencoba bahan-bahan alami sebagai cara mengatasi rambut rontok. Termasuk lidah buaya, yang sudah lama dikenal baik untuk rambut. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari lidah buaya adalah mengurangi kerontokan rambut.

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin B12 dan asam folat, yang berfungsi untuk mengurangi rambut rontok. Tak hanya itu, tanaman ini juga mengandung nutrisi penting untuk sel-sel rambut, seperti vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin tersebut dapat membantu mempercepat regenerasi dan menyehatkan sel-sel rambut.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Gel Lidah Buaya © Diadona

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat lidah buaya untuk mengatasi rambut rontok. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba lidah buaya sebagai perawatan untuk rambut rontok, kok. Sebab, bahan alami ini cukup aman digunakan, dan jarang menimbulkan efek samping serius.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai cara mengatasi rambut rontok adalah dengan mengambil gel lidah buaya segar, atau menggunakan produk lidah buaya yang dijual di pasaran. Namun, pastikan produknya mengandung gel lidah buaya murni, ya.

3 dari 5 halaman

Setelah mendapatkan gel lidah buaya, oleskan saja langsung pada helaian rambut dan kulit kepala secara merata. Kamu juga bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, agar lebih mudah digunakan.

Kemudian, diamkan selama sekitar satu jam dan keramaslah menggunakan air dan sampo seperti biasa. Lakukan perawatan ini di rumah sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu, secara rutin.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Rambut Sehat © Diadona

Alih-alih hanya mengandalkan lidah buaya, atau bahan apapun, sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang dapat menjadi cara mengatasi rambut rontok yang efektif, yaitu:

  • Jangan Keramas Terlalu Sering
  • Keringkan Rambut dengan Lembut
  • Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang
  • Menerapkan Pola Hidup Sehat

5 dari 5 halaman

Perlu diketahui, masalah rambut rontok tidak bisa diatasi dengan instan. Baik itu dengan lidah buaya, atau penerapan pola hidup sehat, kamu perlu konsisten dan sabar dalam menjalaninya.

Bila masalah rambut rontok tak kunjung hilang dengan berbagai cara, tidak ada salahnya untuk membicarakannya pada dokter.

 

Beri Komentar