Punya Sederet Manfaat, Ternyata Puasa Bisa Bikin Awet Muda lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 10 April 2022 08:27
Punya Sederet Manfaat, Ternyata Puasa Bisa Bikin Awet Muda lho!
Wah, puasa bisa bikin awet muda, nih~

Di bulan Ramadan ini, setiap umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Sederet manfaat pun bisa didapatkan dengan berpuasa. Mulai dari mengatasi diabetes, bahkan sampai asam lambung.

Namun tahukah kamu, bahwa berpuasa juga bisa bikin awet muda lho!

 

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Puasa © Diadona

Melansir dari Merdeka.com, ternyata berpuasa juga bermanfaat sebagai anti-aging atau mencegah penuaan dini pada tubuh. Hal ini diungkapkan oleh dr. Aninda Marina SpDV dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

" Puasa juga bermanfaat untuk anti-aging. Jadi penuaan sebenarnya proses yang sudah ditakdirkan dari DNA, karena kita punya time DNA. Namun, dengan berpuasa menurunkan berbagai macam enzim di mana melakukan penuaan."

2 dari 5 halaman

Ketika berpuasa, enzim yang menghancurkan serabut mielin turun, sehingga sel-sel dan kolagen pun akan hidup lebih lama. Kulit jadi terlihat lebih muda. Selain itu, antioksidan pun juga meningkat untuk menghambat enzim-enzim yang menghancurkan kolagen dan mempercepat penuaan.

Terjadi juga penurunan insulin ketika berpuasa. Sebab, ketika berpuasa nutrsi ke tubuh terbatas. Sehingga protein kinase A pun menjadi turunguna menghancurkan sel, sehingga stem cell meningkat.

 

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Puasa © Diadona

" Jadi, kulit malah memperbaiki diri. Ini baik karena memperbaiki sel-sel rusak dan meningkatkan perbaikan struktur kulit karena human stem cell meningkat."

Sebuah penelitian pada tahun 2019 juga mengungkapkan bahwa puasa bisa meningkatkan stem cell di folikel rambut. Rambut pun mengalami peningkatan pertumbuhan dan mencegah rambut rontok. Siklus kulit pada lapisan epidermis juga meningkat, sehingga kulit jadi terlihat cerah.

 

4 dari 5 halaman

" Lalu, di lapisan dermis atau kulit bagian dalam, meningkatkan vaskularisasi pembuluh darah sehingga nutrisinya bisa langsung baik untuk kulit, meningkatkan perbanyakan pembuluh darah baru untuk perbaikan kulit, oksidatif metabolik atau proses yang menghancurkan oksidasi meningkat," jelas Aninda.

Wah, ternyata manfaat berpuasa banyak banget ya, termasuk bikin awet muda~

Beri Komentar