Mulut Terasa Kering saat Terbangun di Malam Hari, Kenapa ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 21 Oktober 2021 15:27
Mulut Terasa Kering saat Terbangun di Malam Hari, Kenapa ya?
Ada yang sering kayak gini? Kenapa ya? Simak, yuk!

Tidur merupakan hal begitu penting untuk tubuh. Dengan demikian, tubuh beristirahat agar fit dan siap menjalani kehidupan di keesokan harinya. Namun di tengah malam, kamu pasti pernah kan terbangun tiba-tiba? Tak sedikit dari kita yang merasakan mulut terasa kering pas terbangun dari tidur nih.

Melansir dari Livestrong via Merdeka.com, Frank A. Scannapieco, DMD, PhD, pakar periodensia dan mikrobiologis dari University At Buffalo School of Dental Medicine menjelaskan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

 

1 dari 7 halaman

Mulut Terbuka

Salah satu penyebab kenapa mulit bisa kering ketika bangun tidur adalah karena mulut terbuka. Biasanya, tidur dengan mulut terbuka ketika hidung mampet, nih. Jaring dekat bibir pun jadi kering.

Ilustrasi Tidur NgorokIlustrasi Tidur Ngorok © Shutterstock

" Ketika kamu tidur dengan mulut terbuka, jaringan mulut akan mengering terutama pada jaringan yang dekat dengan bibir," terang dr. Scannapieco.

 

2 dari 7 halaman

Dehidrasi

Gejala DehidrasiGejala Dehidrasi © 2021 Maurcio Mascaro on pexels

Alasan lain kenapa mulut bisa kering adalah karena tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi. Air liur yang diproduksi pun juga bakal berkurang sehingga mulut pun jadi terasa kering. Agar tidak terjadi, pastikan untuk cukup minum air putih.

 

3 dari 7 halaman

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Di samping itu, sejumlah obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan mulut jadi kering nih. Kali aja kamu mengonsumsinya juga. Biasanya obat-obatan untuk depresi atau diare, juga jenis obat-obatan antihistamin, dekogestan, dan juga obat pereda nyeri otot.

" Banyak obat-obatan yang mengganggu sistem saraf pusat atau sel kelenjar air liur sehingga mengurangi produksinya."

4 dari 7 halaman

Gangguan Tidur

Ilustrasi InsomniaIlustrasi Insomnia © 2021 https://www.unsplash.com/Megan te Boekhorst

Selama tidur, kamu kemungkinan besar tidak sadar. Alasan lain yang memungkinkan kenapa mulut bisa kering adalah karena mengalami gangguan tidur, nih, seperti apnea yang menyebabkan napas tidak normal selama tidur, yang berakhir mendengkur keras. Kalau udah gini, napas pun kemungkinan besar dengan mulut, sehingga bisa menyebabkan mulut kering.

 

5 dari 7 halaman

Minum Kafein atau Alkohol

Ilustrasi Minum KopiIlustrasi Minum Kopi © Shutterstock

Kafein memang bisa bikin kantuk hilang, namun di sisi lain bisa membuat tubuh dehidrasi. Begitu juga dengan alkohol. Kalau sudah dehirasi, mulut pun bisa menjadi kering, terlebih ketika bangun tidur. Agar menghindari hal tersebut, sebaiknya kurangi bahkan hindari konsumsi alkohol dan kafein kalau bisa.

 

6 dari 7 halaman

Masalah Kesehatan Tertentu

Mungkin, penyebab lain kenapa mulut bisa kering setelah bangun tidur adalah karena adanya masalah kesehatan tertentu. Sebut sja rheumatoid arthritis dan sindrom Sjogren's yang bisa memengaruhi kelenjar air liur. Bisa juga karena diabetes, infeksi jamur oral, stroke, hingga alzheimer pun bisa menyebabkan mulut jadi kering terlebih ketika bangun tidur.

 

Beri Komentar