Deretan Fitur Anyar iOS 14 yang Serupa Android, Apple Mulai Kehabisan Ide?

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 25 Juni 2020 14:40
Deretan Fitur Anyar iOS 14 yang Serupa Android, Apple Mulai Kehabisan Ide?
Headh to head iOS vs Android makin kentara nih.

Apple mengumumkan beberapa teknologi yang sedang dikembangkan dan akan dirilis pada event Worldwid Development Conference 2020 (WWDC 2020) Selasa (23/6) lalu.

Dalam pengumuman tersebut, salah satu yang sudah dikonfirmasi akan hadir adalah iOS 14 untuk iPhone. Tidak cuma itu, pengumuman peluncuran iOS 14 juga disertai dengan penjelasan berbagai fitur baru yang akan tersemat di dalamnya.

Hanya saja, dari penjelasan tersebut, rupanya ada beberapa fitur di iOS 14 yang menyerupai fitur milik sistem operasi pesaingnya, Android.

Apa saja kah itu? Dilansir dari The Verge, berikut ini adalah ulasannya.

1 dari 8 halaman

Widget

Setelah sekianlama iOS bertahan dengan tampilan layar home yang statis, Apple akhirnya memperbolehkan penggunanya untuk sedikit menghias tampilan tersebut dengan menggunakan widget.

Widget adalah salah satu fitur yang paling nampak membedakan iOS dengan Android. Google sudah lebih dulu mengembangkannya sebelum Apple akhirnya menyediakan widget untuk iOS 14.

2 dari 8 halaman

App Library

Sebuah fitur yang disebut The App Library oleh Apple ini serupa dengan app drawer yang dikembangkan oleh Google lewat Android.

Fitur ini akan mendaftar berbagai aplikasi yang tertanam di iPhone, seperti juga fungsi app drawer di Android. Keunggulannya, App Library bisa otomatis memisahkan aplikasi berdasarkan kategorinya.

3 dari 8 halaman

Picture in Picture

Fitur Picture in Picture (PiP) yang membuat tayangan video menjadi insert kecil di layar datang pertama kali di Android 8.0.

Penerapannya di iOS 14 bukan jadi yang pertama di software Apple. Sebelumnya, fitur tersebut muncul di iOS 11 untuk iPad.

4 dari 8 halaman

Translate

Fitur translate pada iOS 14 © Diadona

Sebuah fitur yang mirip dengan salah satu fitur ikonik buatan Google, Google Translate, akan muncul di iOS 14. Selayaknya pada smartphone Android, fitur translate pada iOS 14 juga akan dapat menerjemahkan bahasa baik ditulis maupun diucap. Pada iOS 14, fitur ini akan terintegrasi dengan browser Safari.

5 dari 8 halaman

Peta pesepeda

Peta rute sepeda pada Apple Maps © Diadona

Apple Maps sempat menjadi pesaing yang setara untuk Google Maps, namun itu hanya bertahan beberapa saat saja. Berbagai update yang dibawa oleh Google pada akhirnya membuat Google Maps pada Android unggul jauh. Salah satunya adalah pilihan rute untuk sepeda (sudah dikembangkan sejak 2010).

Kini, iOS 14 akhirnya menghadirkan pilihan rute sepeda pada Apple Maps. Nggak cuma itu, Apple juga menambahkan pilihan rute untuk kendaraan listrik.

6 dari 8 halaman

Tampilan voice assistant

Tampilan Siri yang minimalis © Diadona

Apple meluncurkan tampilan baru untuk Siri pada iOS 14. Dalam wujud barunya itu, memungkinkan untuk pengguna memanfaatkan voice assistan tanpa harus memasuki menu yang memenuhi layar. Cukup dengan satu tombol yang berada di bagian bawah layar. Desain minimalis ini menyerupai tampilan dari Google Assistant di Android.

7 dari 8 halaman

App clips

Fitur menarik lain yang dihadirkan di iOS 14 adalah App Clips, sebuah fitur yang menjadi tempat developer menyajikan sebagian dari aplikasinya dalam bentuk potongan yang bisa dakses pengguna tanpa perlu menginstall penuh aplikasi tersebut.

Hal ini juga serupa dengan fitur yang dikembangkan oleh Google pada Android instant app di 2017 dan fitur slices di Android P (2018).

Beri Komentar