Makan Banyak tapi Tetap Kurus, Kok Bisa Gitu sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 10 Juni 2020 13:25
Makan Banyak tapi Tetap Kurus, Kok Bisa Gitu sih?
Suka heran deh sama orang-orang yang begini, kok bisa?

Berat badan memang jadi salah satu hal yang sensitif, karena banyak yang kesusahan mengatur naik dan turun dari berat badan ini. Namun disisi lain, ada orang yang justru nggak bisa menambah berat badan.

Sepertinya berapa banyak makanan yang di makan, berat badan akan tetap saja. Badan pun juga tetap kurus aja. Kok bisa gitu ya?

Dilansir dari dari liputan6.com, ternyata ada beberapa hal yang menjadi faktor seseorang memiliki badan yang tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan. Kita simak berikut ini yuk!

1 dari 5 halaman

Faktor Genetik dan Keturunan

Ilustrasi Sel Darah Merah © Diadona


Salah satu faktor terbesar seseorang tetap kurus meski udah makan banyak adalah karena faktor genetik.
Dalam pembakaran kalori, cepat atu lambatnya metabolisme memiliki peran yang penting dalam pembakaran kalori tubuh. Nah hal ini lah yang dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Seorang dengan tipe tubuh ektomorf memiliki kecenderungan untuk tetap kurus terlepas dari pola makan yang banyak. Orang-orang yang banyak makan namun tidak kunjung gemuk bisa saja memiliki tubuh ektomorf ini.

2 dari 5 halaman

Pola Makan yang Kurang Tepat

Ilustrasi Makan Malam © Diadona


Pola makan yang tidak tepat nggak hanya dapat meningkatkan berat badan, namun juga dapat membuatnya jadi stagnan atau bahkan mengalami penurunan.

Hal ini bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi nggak mengandung cukup kalori untuk menambah berat badan. Sehingga tubuh nggak memperoleh asupan yang tepat, seperti karbohidrat dan lemak.

3 dari 5 halaman

Terlalu banyak beraktifitas

Ilustrasi Berolahraga © Diadona


Melakukan aktifitas fisik yang berlebihan dapat membuat berat badan susah naik. Karena aktivitas akan membuat tubuh terus membakar kalori. Misalnya olahraga terlalu berat atau terlalu sering, tubuh akan tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan.

 

4 dari 5 halaman

Stress


Stress dapat menjadi salah satu penyebab badan tetap kurus. Hal ini karena ketika stress umumnya akan mempengaruhi pola makan kita.

Nggak hanya berat badan yang kurus, stress juga dapat membuat perut jadi buncit. Karena ketika stres, hormon kortisol dalam darah akan meningkat, sehingga hal ini akan memicu adanya pematangan sel lemak jahat dan membuat penumpukan lemak di perut.

 

5 dari 5 halaman

Menderita penyakit kronis

Ilustrasi Wanita Sakit © Diadona


Ketika menderita penyakit yang ynag berat alam jangka waktu panjang, ini akan mempengaruhi berat badan jadi kian turun.

Nah jadi itu dia hal yang dapat menyebabkan seseorang tetap kurus meski udah makan banyak. Kamu mengalami salah satu diantaranya nggak?

Beri Komentar