Kenapa ya Tiba-Tiba Muncul Bintik Hitam Di Pandangan Mata?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 7 Juni 2020 15:25
Kenapa ya Tiba-Tiba Muncul Bintik Hitam Di Pandangan Mata?
Kadang bintik atau bercak hitam ini ada yang bergerak juga lho.

Munculnya bintik atau bercak hitam di pandangan mata disebut dengan floaters. Ukurannya bisa bermacam-macam, mulai dari bintik hitam kecil atau bahkan bayangan yang lebih besar seperti berbentuk tali panjang.

Nah pada umumnya, floaters muncul ketika kita menatap cahaya yang sangat terang seperti matahari atau menatap warna dasar seperti putih dengan terlalu lama.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Mata © Diadona

Namun diluar itu, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan adanya floaters. Misalnya seperti kecelakaan yang melukai mata, rabun dekat, peradangan mata, infeksi, komplikasi diabetes, sobekan retina, atau migrain.

Dilansir dari mayoclinic.com,secara umum gejala floaters tidak akan mengakibatkan rasa sakit, namun memang akan cukup mengganggu penglihatan mata.

Gejala dari floaters ini seperti melihat bintik-bintik kecil atau garis seperti bayangan tali pada pandangan mata, dan berlangsung beberapa saat.

2 dari 2 halaman

Namun, pada beberapa kondisi floaters juga dapat menjadi pertanda adanya masalah jika kamu mengalami gejala seperti bintik atau bayangan hitam yang berubah-ubahukuran, melihat kilatan cahaya, kehilangan penglihatan dibagian ujung mata, pengelihatan mulai kabur hingga merasakan sakit di area mata.

Jika mengalami kondisi ini, sebaiknya kamu segera mengunjungi dokter ya. Karena gejala normal floaters seharusnya tidak menimbulkan rasa sakit.

Beri Komentar