Jarang Diketahui, Sering Makan Dengan Wadah Styrofoam Ternyata Bahaya Lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 9 Juni 2020 15:25
Jarang Diketahui, Sering Makan Dengan Wadah Styrofoam Ternyata Bahaya Lho!
Meski terlihat aman dan bersih, namun styrofoam memiliki kandungan berbahaya lho.

Makan menggunakan bahan styrofoam memang jadi hal biasa untuk dilakukan. Terlebih ketika sedang dalam suatu kegiatan yang nggak memungkinkan untuk menggunakan piring atau makanan dari restauran, styrofom jadi cara lain untuk menyajikan makanan.

Namun meski efisien dan praktis, ternyata styrofoam mengandung bahan yang membahayakan kesehatan lho.

Dilansir dari healthline.com, styrofoam termasuk dalam jenis plastik atau polimer. Bahan ini memiliki kandungan monomer yang merupakan, stirena, benzene dan formalin. Nahm bahan-bahan inilah yang diketahui berbahaya untuk tubuh, kenapa?

1 dari 2 halaman

Kandungan stirena sendiri dapat mengurangi produksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh dalam mengangkut sari patimakanan dan oksigen ke seluruh tubuh.

Karena fungsi darah merah yang sangat krusial, tentu saja hal ini akan berdampak dan mengganggu kondisi fungsi saraf. Bahan-bahan buruk yang ada pada styrofoam mempengaruhi makanan dengan tiga cara ini lho.

Lemak pada makanan
Makanan yang mengandung lemak tinggi berpotensi lebih bsar untuk mengontaminasi stirena.

Lamanya Penyimpanan Makanan
Semakin lama makanan disimpan dalam styrofoam, maka semakinbanyak kandungan stirena akan mengontaminasi makanan.

Panas Makanan
Semakin tinggi suhu makanan yang ada dalam styrofoam, maka ini akan semakin memudahkanzat stirena berpindah ke makanan. Hal ini bisa menimbulkan kerusakan pada sum-sum tulang belakang, gangguan kelenjar tiroid hingga anemia.

2 dari 2 halaman

Selain itu, kandungan benzene pun juga berbahaya. Benzene yang mengontaminasi tubuh, zat ini nggak dapat larut dalam air, nggak hanya itu ia juga nggak dapat dikeluarkan melalui urin maupun feses. Sehingga dia akan ikut menumpuk pada lemak di dalam tubuh. Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan memicu adanya penyakit kanker.


World Health Organization (WHO) menyatakan jika stirena nggak menimbulkan bahaya pada kesehatan bila kadarnya nggak melebihi 5000 pm. Sedangkan wadah berbahan styrofoam yang sering dipakai hanya mengeluarkan sterina sebanyak kira-kira 0,55 ppm. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga menyatakan styrofoam masih aman digunakan untuk makanan.

Nah, jadi sebenarnya boleh-boleh aja makan menggunakan styrofoam. Namun jangan terlalu sering ya, bahayanya nggak main-main lho. 

Beri Komentar