Kenali 7 Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening Ini

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 2 Juni 2020 16:44
Kenali 7 Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening Ini
Selain dari bakteri, ada juga makanan penyebab kelenjar getah benung yang perlu kita tahu.

Ada beberapa hal yang jadi penyebab kelenjar getah bening. Kondisi ini biasa disebut dengan adenopati yang diakibatkan infeksi hingga lainnya.

Nah, kelenjar getah bening sendiri merupakan bagian dari sistem limfatik yang fungsinya melawan kuman, virus hingga parasit. Selain itu juga membasmi sel kanker dan menghancurkan zat beracun yang masuk ke dalam tubuh. Kelenjar ini ada pada bagian tubuh seperti leher, ketiak, dada dan perut.

1 dari 5 halaman

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

Penyebab Kelenjar Getah Bening © Diadona
Terus bagaimana bisa terkena kanker kelenjar getah bening? KIta kenali penyebab kelenjar getah bening terlebih dulu.

1. Penyebab kelenjar getah bening bukan hanya karena bakteri tapi juga bisa karena infeksi virus. Akibatnya akan ada pembengkakan kelenjar getah bening.

2. Obat-obatan, misalnya kayak obat pencegah malaria dan fenitoin (dilantin).

2 dari 5 halaman

3. Penyakit autoimun juga menyebabkan kanker kelenjar getah bening, misalnya kayak penyakit rheumatoid arthritis, lupus dan sarcodiosis.

4. Cedera juga jadi pemicu selanjutnya yang menyebabkan kelenjar getah bening. Kalau ada cedara biasanya pembengkakan terjadi di dekat lokasi cedera.

5. Kanker juga bisa menyebabkan kelenjar getah bening membengkak. Malahan hal ini bisa jadi tanda keganasan dari kanker tersebut. Kelenjar getah bening karena kanker ini menandakan kalau sel kanker sudah menyebar.

3 dari 5 halaman

Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening

Makanan Penyebab Hipertensi © Diadona
Selain karena infeksi virus atau bakteri yang mengenai kelenjar getah bening, ada makanan-makanan yang perlu kita waspadai. Malahan lebih baik kita hindari.

1. Makanan yang dibakar, soalnya ada kandungan karsinogen, yaitu zat yang menyebabkan sakit leher.

2. Seafood, soalnya ada lemak tinggi pada seafood. Hal ini memicu kanker.

3. Makanan yang diawetkan, karena ada bahan pengawetnya.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Sawi Putih © Diadona

4. Beberapa jenis sayuran, seperti sawi putih, kangkung dan toge bisa menghambat kerja obat. Selain itu juga jadi penyebab kelenjar getah bening membengkak.

5. Soft drink

6. Buah yang mengandung alkohol, seperti anggur, kelengkeng, durian, nangka, duku dan nanas.

7. Alkohol

8. Fast food atau makanan cepat saji. Sebab ia menyebabkan kerja sistem imun berubah dan berpotensi pembengkakan kelenjar getah bening.

5 dari 5 halaman

9. Makanan yang mengandung MSG, kalau kelebihan bisa mengubah kinerja kelenjar timus dan limpa. Mereka adalah bagian dari pembentuk limfosit, yaitu sel darah putih yang memerangi kuman masuk ke dalam tubuh.

10. Protein hewani kalau terlalu banyak dikonsumsi akan meningkatkan risiko kanker limfoma. Sebab adanya kandungan lemak jenuh, seperti pada daging, telur dan susu.

11. Nikotin dan kafein

12. Makanan olahan, seperti makanan kaleng dan makanan beku. Bukan hanya nutrisinya yang rendah tapi juga ada kandungan zat kimia berbahaya.

Itu tadi penyebab kelenjar getah bening yang bisa dikarenakan infeksi virus atau bakteri. Selain itu juga faktor makanan yang perlu kita hindari. Makanan sehat seperti sayuran pun, perlu kita perhatikan.

Beri Komentar