20 Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Wanita, Pria dan Bayi

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 29 Mei 2020 20:18
20 Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Wanita, Pria dan Bayi
Kenali penyebab infeksi saluran kencing ini!

Tahu nggak guys, merangkum dari berbagai sumber, kalau infeksi saluran kencing lebih sering menyerang wanita daripada laki-laki. Bahkan para ciwi-ciwi ini bisa mengalaminya lebih dari sekali loh! Terus penyebab infeksi saluran kencing apa ya?

Sebelum membahas penyebabnya, kita kenalan dulu sama apa itu infeksi saluran kencing. Penyakit ini sering disebut dengan Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang mana kondisi organ dalam sistem kemih, yaitu ureter, ginjal, kandung kemih dan uretra mengalami infeksi.

1 dari 5 halaman

Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

Penyebab Infeksi Saluran KencingPenyebab Infeksi Saluran Kencing © bbc
Lebih waspada lagi ya girls, kita telusuri bareng-bareng yuk yang bisa jadi penyebabnya!

Kurang Mengonsumsi Air Putih


Alasan pertama penyebab infeksi saluran kencing bisa dari kebiasaanmu yang jarang minum air putih. Ini sih nggak hanya wanita, tapi berlaku juga buat para pria, kok.

Air putih itu penting banget, kalau ginjal kekurangan cairan akan memancing bakteri untuk menyerang. Sehingga terjadi infeksi.

Anatomi Tubuh Wanita


Faktor yang satu ini bisa jadi penyebab infeksi saluran kencing pada wanita yang paling utama. Wanita memiliki panjang uretra atau saluran terakhir yang membuang urin ke luar tubuh lebih pendek dibanding milik pria. Oleh sebab itu membuat bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih perempuan.

2 dari 5 halaman

Bakteri Escherichia Coli


Ini nih nama bakteri yang menyerang saluran kencing. Biasanya disebut juga bakteri E.coli.

Alat Kelamin Tidak Bersih


Uretra wanita ada di dekat anus, makanya perempuan harus ekstra bersih dalam membasuh alat kelamin. Sangat disarankan membilas dari depan ke belakang saat buang air kecil maupun air besar agar tidak ada perpindahan bakteri dari anus ke uretra.

Bakteri E.coli dan lainnya yang dari usus besar bisa berpindah sangat mudah kalau membilasnya dari belakang ke depan. Kalau bakteri masuk ke kandung kemih bisa jadi penyebab infeksi saluran kencing guys!

Menopause


Mengalami menopause pada perempuan turut mempengaruhi. Soalnya kadar hormon estrogen akan lebih rendah sehingga mengakibatkan perubahan pada saluran kemih. Itu kenapa perempuan lebih rentan terkena infeksi saluran kencing.

3 dari 5 halaman

Berhubungan Seksual


Berhubungan seksualnya sih nggak salah, tapi kalau nggak bersih itu jadi masalah. Bahkan melansir dari liputan6, bakteri bisa menular lewar aktivitas seksual laki-laki dengan wanita. Bahkan perempuan yang lebih aktif secara seksual berisiko lebih tinggi daripada yang tidak. Maka sangat dianjurkan buat kamu girls, buang air kecil setelah berhubungan seksual.

Alat Kontrasepsi


Ada alat kontrasepsi tertentu yang bisa jadi penyebab infeksi saluran kencing, yaitu jenis diafragma dan spesmisida (krim yang bisa membunuh sperma). Diafragma ini menekan uretra dan memperlambat kandung kemih melakukan pengosongan. Itu kenapa bakteri mungkin bisa tumbuh.

4 dari 5 halaman

Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Pria

Penyebab Infeksi Saluran KencingPenyebab Infeksi Saluran Kencing © bestlifeonline
Kalau pada pria, biasanya terjadi di usia yang lebih tua. Salah satu penyebab infeksi saluran kencing pada pria yang sudah berumur karena berisiko terjadi pembesaran kelenjar non-kanker di prostat yang disebut benign prostatic hyperplasia. Faktor lainnya, antara lain:

1. Tidak disunat
2. Mengidap diabetes
3. Nggak cukup minum air putih
4. Nggak bergerak untuk waktu yang cukup lama
5. Mengidap inkontinensia tinja
6. Melakukan hubungan seks anal yang membuat uretra mudah dimasuki bakteri
7. Pernah menjalani operasi saluran kemih

5 dari 5 halaman

Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Bayi

Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada BayiPenyebab Infeksi Saluran Kencing pada Bayi © flickr
Nggak hanya perempuan dan laki-laki berumur, tapi bayi juga bisa kena infeksi saluran kencing. Iniloh alasannya!

1. Kebersihan yang buruk setelah buang air besar
2. Popok yang kotor
3. Belum disunat
4. Adanya masalah pada saluran kemih
5. Menahan kencing
6. Ada riwayat keluarga yang mengidap ISK

Buat siapapun harus lebih waspada terhadap penyebab infeksi saluran kencing. Mau kamu perempuan, laki-laki atau bahkan orangtua yang memiliki anak. Jangan disepelekan dan rajin minum air putih yang cukup ya!

Beri Komentar