Ternyata Ini 10 Penyebab TBC Paru dan Kelenjar, Hati-Hati ya!

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 27 Mei 2020 09:43
Ternyata Ini 10 Penyebab TBC Paru dan Kelenjar, Hati-Hati ya!
Iniloh faktor penyebab TBC!

Pada umumnya, penyebab TBC adalah kuman. Namun ada juga faktor lain yang bisa jadi pemicunya. Tuberkolosis atau TBC merupakan penyakit yang biasanya menyerang paru-paru.

Penyakit yang juga bisa disebut TB ini menular langsung dari manusia ke manusia. Ada dua jenis TBC yang bisa kita kenal, yaitu TB Aktif dan TB Laten. TB Aktif memiliki gejala batuk yang berkenpanjangan lebih dari 3 minggu, nyeri di dada dan mengalami penurunan berat badan.

Penularan TB Aktif ini bisa melalui percikan ludah ketidak batuk, bersih atau bahkan berbicara loh! Sedangkan TB Laten, biasanya ridak menunjukkan gejala apapun dan bersifat dorman dalam tubuh. Sehingga tidak bisa menularkan pada orang lain. Eits.. meski begitu bisa berubah jadi TB Aktif loh!

1 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit TBC

Penyebab TBC © Diadona
Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, penyebab TBC adalah bakteri, yaitu Mycobacterium Tubercolosis. Penularan bakteri ini langsung melalui manusia ke manusia melalui ludah.

Tapi proses penularan nggak mudah kalau punya imun tubuh yang bagus. Namun jika imun lemah dan tinggal bersama penderita TB, maka risiko tertularnya lebih besar. Adapun faktor lain yang jadi penyebab TBC antara lain:

 

2 dari 4 halaman

1. Merokok, bukan hal baru kan kalau rokok penyebab berbagai penyakit kronis apalagi pada saluran pernapasan.

2. Memiliki imun tubuh yang rendah, misalnya ODHIV, Kanker dan penyakit lainnya.


3. Mengonsumsi obat-obatan untuk menurunkan kekebalan tubuh, biasanya obat untuk penderita kanker, arthritis, psoriasis, lupus dan penyakit crohn.

4. Mengidap Diabetes.

5. Mengonsumsi alkohol.

6. Mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi.

7. Mengonsumsi obat-obatan terlarang, misalnya narkoba.

8. Penderita penyakit ginjal stadium lanjut.

9. Faktor umur, lansia dan anak-anak.

10. Petugas medis yang sering berhubungan dengan penderita TBC.

3 dari 4 halaman

Penyebab TBC Kelenjar

Penyebab TBC © Diadona
Bakteri penyebab TBC biasanya menyerang paru-paru, tapi ada juga yang menyebar ke organ lain, seperti otak, tulang, kelenjar getah bening, saluran pencernaan dan lain-lain. TBC Kelenjar adalah salah satu infeksi karena bakteri yang sama, yaitu Mycrobacterium Tuberolosis yang menyerang kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang memproduksi limfosit, yaitu sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Kelenjar ini tersebar di antara leher, ketiak, lipatan paha, selangkangan dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Tb kelenjar berbeda dengan kanker kelenjar getah bening ya guys, meski gejala umumnya sama yaitu muncul benjolan di sekitar kelenjar getah bening. Namun ada juga kasus pada beberapa orang yang tidak timbul gejala saat menderita TB kelenjar meski bakteri menyebar ke seluruh tubuh.

Itu tadi penyebab TBC paru dan kelenjar yang sama-sama diakibatkan oleh bakteri Mycrobacterium Tubercolosis. Sebaiknya kalau muncul gejala seperti yang sudah disebutkan, segera hubungi dokter ya!

Beri Komentar