25 Penyakit Darah, Mulai dari Kelainan, Gangguan pada Sistem Peredaran dan Gula Darah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 30 Mei 2020 15:59
25 Penyakit Darah, Mulai dari Kelainan, Gangguan pada Sistem Peredaran dan Gula Darah
Penyakit darah yang umum mencangkup anemia. Sedangkan, bahaya mulai mengncam pada kelainan darah hemofilia, hingga leukimia.

Penyakit darah sebenarnya punya banyak jenis. Mulai dari penyakit pada komponen darah tersebut, hingga peredarannya.

Karena fungsinya yang vital, maka penyakit darah sudah sepatutnya mendaptkan perhatian. Mulai dari yang bergejala ringan seperti anemia, hingga kemuingkinan adanya serangan jantung akibat tekanan darah tinggi.

1 dari 3 halaman

Penyakit Sistem Peredaran Darah

Penyakit Darah © Diadona

Sistem peredaran darah melibatkan jantung dan juga pembuluh darah. Sistem ini disetel dengan halus untuk membawa oksigen, nutrisi, elektrolit, dan hormon ke seluruh tubuh.

Penyakit darahpada sistem peredarannya melingkupi adanya gangguan, penyumbatan, atau penyakit yang berpengaruh pada cara kerja jantung atau pembuluh darah.

Apa saja?

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah adalah ukuran seberapa besar kekuatan yang digunakan untuk memompa darah melalui arteri. Saat terkena penyakit darah berupa tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan kerusakan jantungm stroke dan penyakit ginjal akibat adanya kekuatan yang lebih tinggi dibanding seharusnya.

Penyakit Arteri koroner

Bukan merupakan penyakit darah secara langsung, namun mempengaruhi pembuluh darah. Yaitu ketika lak menumpuk di dinding arteri dan akhirnya menghambat aliran darah. Plak terbuat dari kolesterol, lemak, dan kalsium.

Serangan Jantung

Terjadi karena nggak cukup darah yang mencapai jantung. yang bisa karena penyumbatan arteri. Serangan jantung merusak otot jantung dan merupakan keadaan darurat medis.

Gagal Jantung

Kayak yang disebutin di awal tadi, bahwa penyakit darah yang berhubungan dengan sistem peredarannya berarti mencangkup bagaimana darh tersbeut dialirkan dari berbagai organ, termasuk jantung.

Penyakit gagal jantung terjadi ketika otot jantung melemah atau rusak. Tidak bisa lagi memompa volume darah yang dibutuhkan melalui tubuh.

Stroke

Stroke sering terjadi ketika gumpalan darah menghalangi arteri di otak dan mengurangi suplai darah. Mereka juga dapat terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah. Kedua peristiwa itu membuat darah dan oksigen tidak sampai ke otak. Akibatnya, bagian otak cenderung rusak.

Aneurisme Aorta Perut

Yaitu keberadaan tonjolan di bagian lemah dari aorta, yaitu pembuluh darah yang terbesar dalam tubuh. Jika aorta pecah, dapat menyebabkan pendarahan hebat yang mengancam jiwa.

Penyakit Arteri Perifer

Merupakan penyakit darah yang mempengaruhi pembuluh darah. Ini merupakan penyakit pengerasan arteri yang biasanya muncul di kaki. Akhirnya, hal ini bisa mengurangi aliran darah ke kaki, jantung dan juga otak.

2 dari 3 halaman

Penyakit Gula Darah

Penyakit Darah dan Gula Darah © Diadona

Penyakit gula darah umunya dikenal dengan penyakit diabetes. Sesuai dengan namanya, penyakit ini merakan kondisi di mana tingginya kadar gula dalam darah.

Ada dua macam diabetes, yaitu :

Diabetes Tipe 1

Pada penyakit gula darah ini, tubuh nggak bisa memproduksi insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang berfungsi untuk membantu sel tubuh mengambil gula dari darah, lalu diubah menjadi energi.

Diabetes Tipe 2

Insulin diproduksi secara normla. Sayangnya, sel tubuh kurang sensitif sehinga nggak bisa menggunakannya dengan optimal. Apa akibatnya? Kadar gula darah meningkat seperti diabetes tipe 1.

3 dari 3 halaman

Penyakit Kelainan Darah

Ilustrasi Anemia © Diadona

Penyakit darah berupa kelianan ini bisa mempengaruhi salah satu dari tiga komponen utama darah:

Sel darah merah, yang membawa oksigen ke jaringan tubuh
Sel darah putih , yang melawan infeksi
Trombosit, yang membantu darah membeku

Apa saja penyakit darah yang bisa menghantuinya. Berikut uraiannya dilansir dari WebMD.

Penyakit Darah pada Sel Darah merah

Penyakit darah yang bisa mempengaruhi sel darah merah, diantaranya

Anemia

Orang dengan anemia memiliki jumlah sel darah merah yang rendah. Anemia ringan sering tidak menimbulkan gejala. Anemia yang lebih parah dapat menyebabkan kelelahan , kulit pucat , dan sesak napas saat aktivitas.

Penyakit darah merah berupa anemia ini sendiri punya jenis, mulai dari anemia aplastik, hemolitik, anemia sel sabit dan lainnya.

Polycythemia vera

Penyakit darah ini terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak sel darah, dari penyebab yang tidak diketahui. Kelebihan sel darah merah biasanya tidak menimbulkan masalah tetapi dapat menyebabkan pembekuan darah pada beberapa orang.

Malaria

Yup,penyakit akibat gigitan nyamuk ini merupakan salahs atu penyakit darah merah. Gigitan nyamuk mentransmisikan parasit ke dalam darah seseorang, di mana ia menginfeksi sel darah merah. Secara berkala, sel darah merah pecah, menyebabkan demam, menggigil, dan kerusakan organ

Penyakit Darah pada sel Darah Putih

Sel darah putih berfungsi untuk melawan infeksi yag masuk tubuh. Beberapa penyakit yang bisa menyerangnya, diantaranya:

Limfoma

Merupakan kanker darah yang berkembang di sistem getah bening. Pada limfoma, sel darah putih menjadi ganas, berkembang biak dan menyebar secara tidak normal

Leukimia

Merupakan penyakit darah berupa kanker di mana sel darah putih menjadi ganas dan berkembang biak di dalam sumsum tulang. Leukemia bisa bersifat akut (cepat dan berat) atau kronis (perlahan-lahan berkembang)

Multiple myeloma

Yaitu kanker darah di mana sel darah putih yang disebut sel plasma menjadi ganas. Sel-sel plasma berlipat ganda dan melepaskan zat merusak yang akhirnya menyebabkan kerusakan organ.

Sindrom Myelodysplastic

Keluarga kanker darah yang memengaruhi sumsum tulang. Sindrom Myelodysplastic sering berkembang sangat lambat, tetapi tiba-tiba dapat berubah menjadi leukemia berat

Penyakit Darah yang menyerang Trombosit

Trombositopenia

Trombosit dalam darah rendah; banyak kondisi menyebabkan trombositopenia, tetapi kebanyakan tidak menyebabkan perdarahan abnormal.

Purpura trombositopenik idiopatik

Suatu kondisi yang menyebabkan jumlah trombosit yang terus-menerus rendah dalam darah. penyebabnya masih belum diketahui.

Thrombotic Thrombocytopenic Purpura

penyakit darah langka di man aterdapat gumpalan darah kecil yang terbentuk di pembuluh darah di sleuruh tubuh

Trombositosis Esensial

Tubuh memproduksi terlalu banyak trombosit, karena penyebab yang tidak diketahui

Penyakit Darah yang Menyerang plasma Darah

Diantaranya,

Hemofilia

Kekurangan genetik protein tertentu yang membantu darah membeku; ada banyak bentuk hemofilia, mulai dari yang ringan sampai yang mengancam jiwa.

Penyakit von Willebrand

Pada penyakit darah ini. tubuh memproduksi terlalu sedikit protein, atau menghasilkan protein yang tidak bekerja dengan baik. Protein ini bertuga untuk membantu pembekuan darah.

Hiperkoagulasi

Kecenderungan darah menggumpal terlalu mudah; kebanyakan orang yang terkena hanya memiliki kecenderungan berlebihan untuk menggumpal, dan mungkin tidak pernah didiagnosis.

Trombosis Vena Dalam

Gumpalan darah di vena dalam, biasanya di kaki. Gumpalan darah ini dapat keluar atau berjalan melalui jantung ke paru - paru , menyebabkan emboli paru.

Disageminasi Intravaskular Koagulasi

Suatu kondisi yang menyebabkan gumpalan darah kecil dan area perdarahan di seluruh tubuh secara bersamaan

Penyakit darah yang bervariasi punya efek yang berbeda juga untuk tubuh. Cara terbaik adalah dengan ke dokter untuk memeriksakan diri ya!

Beri Komentar