Jeruk Nipis Ampuh Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 15 Januari 2021 16:27
Jeruk Nipis Ampuh Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?
Pernah dengar kabar ini, kan?

Untuk sebagian besar wanita, mempunyai berat badan berlebih merupakan hal yang mesti dijauhi. Selain karena alasan penampilan, berat badan berlebih terbukti mempunyai risiko terkena penyakit bahaya di kemudian hari.

Salah satu yang dilakukan banyak wanita adalah dengan melalukan diet. Banyak kabar yang beredar tentang makanan tertentu yang bisa menurunkan berat badan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jeruk nipis.

Namun benarkah demikian? Apakah jeruk nipis memang mampu menurunkan berat badan?

 

1 dari 4 halaman

Mitos

Ilustrasi Wanita dan Jeruk Nipis © Diadona

Ternyata, melansir dari Antara via Merdeka.com,, jeruk nipi mampu menurunkan berat badan itu hanyalah mitos belaka. Hal ini diungkapkan oleh Ardy Brian Lizuardi, Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, Belanda.

Dirinya mengatakan bahwa jeruk nipis tidak membantu apapun dalam proses pembakaran lemak. Belum ada penelitian ilmiah juga yang menungkapakn fakta tersebut. Sekalinya ada, penelitian itu dilakukan kepada hewan kecil yaitu tikus.

" Tidak ada bukti ilmiahnya. Ada sebuah studi tapi dilakukan pada tiks. Tikus dan manusia jelas berbeda. Tapi bisa dimengerti juga karena memang banyak banget diet-diet yang infonya enggak benar," ujar Ardy.

2 dari 4 halaman

Pilih Teh Hijau

Daripada jeruk nipis, Ardy menyarankan lebih mending minum teh hijau karena sudah ada bukti ilmiahnya. Setidaknya 2 gelas teh hijau sehari, seseorang bisa mengalami penurunan berat badan.

" Minum teh hijau benar bantu bakar lemak dan terbukti secara ilmiah. Penelitian menyebutkan orang yang minum 1 atau 2 gelas teh hijau sehari dibanding dengan yang tidak, bisa mengalami penurunan berat badan spesifiknya lemak tapi tetap harus dijaga asupan kalorinya," jelas Ardy.

3 dari 4 halaman

Tak Ada yang Instan

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Ardy menambahkan, yang perlu diingat adalah tak ada penurunan yang berat badan instan. Semuanya perlu proses dan usaha agar hal tersebut bisa tercapai. Cara terbaiknya tentu dengan menjaga pola makan dan olahraga.

" Kalau mau menurunkan berat badan atau lemak harus membatasi asupan lemak dan kalori dan membakar kalori dengan olahraga. Boleh-boleh aja minum air jeruk nipis tapi kalau tujuannya untuk menurunkan berat badan, itu hanya mitos."

Beri Komentar