BAB Terlalu Lama Sebabkan Ambeien, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 2 Januari 2021 08:25
BAB Terlalu Lama Sebabkan Ambeien, Mitos atau Fakta?
Ternyata kebiasaan bab terlalu lama dapat menyebabkan hal ini lho.

Setiap orang memiliki ciri khas tersendiri ketika buang air besar atau bab. Ada sebagian orang yang suka bermain handphone sambil bab, ada yang tak betah berlama-lama, tapi ada juga yang membutuhkan waktu lama. Kamu tipe yang mana nih, guys?

Tahu nggak sih, katanya jika sering bab terlalu lama justru dapat menyebabkan ambeien. Bener nggak ya?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Buang Air BesarIlustrasi Buang Air Besar © 2019 https://www.diadona.id/@healthline

Dilansir dari hellosehat.com, menurut Gregory Thorkelson, Psikiater dari departemen gastroenterologi, hepatologi, dan nutrisi di Universitas Pittsburgh, ketika sedang tidak sedang benar-benar ingin buan air besar, maka umumnya akan mengejan untuk dapat menghempaskannya.

Namun memaksakan diri dengan mengejan ini justru dapat memicu wasir atau ambeien, karena pembuluh darah di sekitar anus akan jadi bengkak, sakit atau bahkan berdarah.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Sakit PerutIlustrasi Sakit Perut © gballgiggs/Fotolia

Thorkelson menyarankan agar buang air besarlah ketika memang sedang benar-benar terasa. Ketika buang air besar pun sebenarnya tidak perlu terlalu lama, kurang lebih 10 hingga 15 menit. Karena ternyata benar adanya jika terlalu lama berjongkok dan diiringi mengejan, hal ini meningkatkan resiko adanya ambeien.

Untuk mencegah adanya ambeien karena bab, sebaiknya hindari terlalu lama proses ini ya. Terlebih buat kamu yang sering keasyikan main hp saat sedang bab, jangan dibiasain ya guys!

Beri Komentar