Jangan Suka Pinjam-Pijam Lipstik Girls, Bahayanya Bisa Bikin Kamu Nyesel!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 16 Juni 2020 07:27
Jangan Suka Pinjam-Pijam Lipstik Girls, Bahayanya Bisa Bikin Kamu Nyesel!
Sepele, tapi bisa fatal kalau udah kena nih.

Setiap wanita ingin terlihat cantik. Salah satu caranya dengan mewarnai bibirnya agar lebih indah, dengan memakai lipstik. Ya, kan?

Tapi, nggak sedikit nih wanita yang coba-coba lipstik temannya. Bisa karena coba-coba, atau karena kepepet ketinggalan atau kehabisan. Bener? Ngaku aja!

1 dari 3 halaman

Emang sih, berbagi sesama teman itu merupakan sebuah perilaku yang terpuji. Tapi, ada beberapa hal yang nggak bisa bagikan. Salah satunya adalah dengan saling berbagi lipstik!

Ilustrasi Perempuan Pakai Lipstik © Diadona

Kamu tahu bahaya yang bisa kamu dapatkan? Bisa-bisa, kamu terkena herpes. Sedangkan herpes itu sendiri merupakan infeksi virus varicella zoster yang menyebabkan ruam menyakitkan. Ruamnya pun bisa di mana saja.

Gejala awalnya adalah nyeri di bagian-bagian tertentu. Lalu berlanjut dengan ruam atau lepuh berisi cairan yang terbentuk dalam beberapa hari setelah nyeri itu muncul.

2 dari 3 halaman

Pernyataan lipstik dapat menularkan herpes dikemukakan oleh Dr. Amesh Adalja, spesialis menular dan rekan senior di Johns Hopkins Center di Baltimore, melansir dari Live Science. Lipstik memang bisa menularkan herpes, meskipun ini bukanlah cara yang umum.

Ilustrasi Herpes © Diadona

Jadi, hal ini berlaku jika ada seseorang yang mempunyai herpes memakai lipstik, lalu orang lain ikut memakai lipstik tersebut. Nah, orang lain ini nantinya juga bisa ketularan herpes.

Sedangkan lama waktu virus herpes bertahan pada lipstik itu tergantung pada kondisi tingkat kelembaban lingkungan. Bisa bertahan selama beberapa jam.

3 dari 3 halaman

Emang berbagi itu indah. Tapi itu tak berlaku untuk ke segala jenis barang, termasuk juga berbagi lipstik. Jadi girls, pegang sendiri-sendiri lipstik kamu. Jangan dibagi-bagi, apalagi minjam alias minta. Emang kamu tahu orang yang lipstiknya kamu pinjam itu punya riwayat herpes atau nggak?

Daripada mengobati, lebih baik mencegah bukan? Ayo, pakai lipstik sendiri-sendiri!

Beri Komentar