Penyebab Epilepsi pada Anak dan Bayi, Harus Waspada nih Moms!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 15 Juni 2020 10:53
Penyebab Epilepsi pada Anak dan Bayi, Harus Waspada nih Moms!
Ternyata penyebab epilepsi bisa karena ini.

Ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebab epilepsi. Mulai dari faktor genetik sampai penyakit tertentu. Epilepsi sendiri merupakan keadaan seseorang yang kejang-kejang dan terjadi secara berulang. Biasanya dialami saat terjadi kerusakan atau perubahan di otak.

Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang juga bagian dari sistem saraf. Nah, setiap sel ini saling berhubungan menggunakan impuls listrik. Ketika menghasilkan impuls listrik yang berlebihan maka menyebabkan epilepsi atau gerakan tubuh yang nggak terkendali, yaitu epilepsi.

1 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Epilepsi

Penyebab Epilepsi © Diadona
Adapun beberapa faktor yang bisa jadi penyebab penyakit epilepsi dari penyakit tertentu. Meski sering terjadi pada anak-anak dan lansia, epilepsi bisa menyerang siapa saja. Ada dua jenis epilepsi yang bisa terjadi berdasarkan penyebabnya, yaitu:

Epilepsi Simptomatik bersifat sekunder yang mana penyebabnya sudah diketahui pasti. Bisa dikarenakan luka berat di kepala, tumor otak dan stroke yang juga diduga sebagai pemicunya.

Sedangkan Epilepsi Idiopatok merupakan epilepsi primer yang belum diketahui pasti penyebabnya. Ada pendapat para ahli yang menyebutkan kalau penyebabnya karena faktor keturunan.

2 dari 3 halaman

Penyebab Epilepsi pada Anak

Penyebab Epilepsi pada Anak © Diadona
Beberapa faktor ini bisa jadi penyebab epilepsi pada anak yang perlu diketahui, moms.

1. Faktor genetik menjadi penyebab penyakit epilepsi yang bisa dialami. Riwayat kesehatan anggota keluarga bisa memicunya.

2. Faktor usia, seperti yang disebutkan sebelumnya biasa dialami anak-anak dan lansia.

3. Demensia

4. Mengalami cedera di kepala.

5. Adanya peradangan yang menyebabkan infeksi di otak atau sumsum tulang belakang.

6. Stroke juga bisa menyebabkan kerusakan otak sehingga memicu kondisi epilepsi.

7. Penyakit vaskular atau pembuluh darah juga bisa menyebabkan epilepsi.

8. Memiliki riwayat kejang di masa kecil akibat demam.

9. Stress menurut jurnal Science Signalling menyebutkan bisa memicu epilepsi. Sebab adanya peningkatan aktivitas di bagian otak tempat kejang berasal, yaitu korteks piriform.

3 dari 3 halaman

Penyebab Epilepsi pada Bayi

Penyebab Epilepsi pada Bayi © Diadona
Tidak hanya pada anak-anak, tapi epilepsi juga bisa terjadi pada bayi. Faktor yang menyebabkan epilepsi pada bayi secara umum bisa karena hal-hal ini.

1. Bayi yang baru lahir biasanya kekurangan oksigen di otak sehingga berisiko mengalami hipoksia prenatal. Sehingga hal ini menyebabkan epilepsi karena adanya luka di otak.

2. Bayi yang lahir prematur juga berisiko mengalami pendarahan dalam otak sehingga bisa menyebabkan kejang dan pendarahan intrakanial.

3. Bayi yang lahir dengan keadaan otak abnormal atau nggak berfungsi dengan baik.

4. Menderita infeksi seperti ensefalitis dan meningitis.

5. Adanya kadar glukosa, natrium atau kalsium yang rendah dalam darah juga bisa menyebabkan epilepsi pada bayi, moms.

Jadi itu tadi beberapa penyebab epilepsi pada anak maupun bayi baru lahir sekalipun yang perlu kita waspadai. Jangan terlalu panik dulu ya moms, soalnya kasus epilepsi sementara bisa sembuh dengan sendirinya loh! Namun bisa juga dengan melakukan operasi pada epilepsi yang parah.

Beri Komentar