Mie Instan Mentah Emang Enak, Tapi Bahayanya Bukan Main untuk Kesehatan!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 14 Juni 2020 12:27
Mie Instan Mentah Emang Enak, Tapi Bahayanya Bukan Main untuk Kesehatan!
Siapa yang suka makan mie instan mentah nih?

Saya sering melihat orang-orang makan mie instan tidak dimasak alias direbus terlebih dahulu. Sebalinya, mereka memakannya dengan mentah-mentah.

Cara memakanya biasanya dengan diremukan mie di dalam bungkusnya, kemudian dicampuri langsung dengan bumbu dan segala macamnya. Kemudian diguncang-guncangkan agar merata, dan dimakan.

1 dari 5 halaman

Bahaya Makan Mie Instan Mentah

Tapi ternyata, makan mie instan mentah itu bahaya banget. Lebih baik mamakannya dengan dimasak terlebih dahulu. Melansir dari Liputan6.com, ini dia bahayanya.

1. Usus Terluka

Mie instan tentunya mengandung bahan pengawet dan garam tinggi. Dengan mie instan mentah yang teksturnya mentah, gara-gara ketiganya bisa membuat luka pada dinding usus. Kalau dikonsumsi terus-menerus dengan cara ini, bisa buat kinerja usus menurun dan iritasi.

2. Tekanan Darah Tinggi

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa mie instan mentah tinggi akan garam. Sementara itu, tekanan darah tinggi salah satunya disebabkan oleh banyaknya konsumsi olahan garam.

2 dari 5 halaman

3. Obesitas

Ilustrasi ObesitasIlustrasi Obesitas © pinterest.com

Mie instan mentah dapat meningkatkan kadar gula darah pada tubuh karena kandungan kalorinya yang tinggi. Jika tidak direbus, lebih parah. Berat badan bisa bertambah naik dan menyebabkan obesitas.

4. Diabetes

Ketika berat badan naik dan menyebabkan obesitas, kemungkinan besar selanjutnya adalah terkena diabetes. Hmm, kedengarannya sepela ya makan mie instan mentah, tapi bahanya bisa menyebabkan diabetes.

3 dari 5 halaman

5. Tinggi Kolesterol, Stroke

Tak hanya direbus, mie instan mentah pun akan menyebabkan kolesterol tinggi jika dikonsumsi sering-sering, 3 mie sehari misalnya. Kalau sudah punya kolesterol tinggi, risiko terkena stroke pun juga ikutan tinggi lho!

6. Gangguan Otak

Siapa sangka makan mie instan mentah bisa berpengaruh buruk pada otak? Gangguan MSG atau micinnya jika berlebihan menyebabkan gangguan saraf dan fungsi otak.

Akhirnya, kemampuan berpikir pun akan menurun. Begitu pula akhirnya dengna kecerdasan seseorang, hingga berpengaruh pada suasana hati.

4 dari 5 halaman

7. Gangguan Tenggorokan

Selain itu, makan mie instan mentah bisa membuat tenggorokan iritasi. Seperti halnya gangguan otak, MSG salah satu penyebabnya.

Begitu pula dengan bahan pengawet yang bisa melekat dinding saluran kerongkongan sehingga membuat gatal, serak, sampai batuk. Jika diteruskan, akhirnya bisa menyebbakan peradangan.

8. Kanker

Ilustrasi KankerIlustrasi Kanker © givenortheastfoundation.org

Nah, yang paling berbaha ya ini, kanker. Bahan pengawet yang ada pada mie tersebut bisa menjadi racun. Direbus pun masih terkena risiko ini, apalagi jika tidak direbus alias dimakan mentah-mentah. Sel-sel sehat nantinya malah akan berubah menjadi sel-sel abnormal, yang bisa picu adanya kanker.

Beri Komentar