Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya, Hati-Hati ya Girls!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 15 Juni 2020 13:52
Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya, Hati-Hati ya Girls!
Kenali penyebab lupus agar bisa mencegahnya sedini mungkin.

Penyebab penyakit lupus ini bisa beragam. Mulai dari kebiasaan sehari-hari sampai faktor genetik. Penyakit lupus atau yang bisa disebut dengan lupus eritematosus merupakan jenis penyakit kronis yang bisa menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh. Misalnya di sendi, ginjal, kulit bahkan otak.

Melansir dari medicalnewstoday, lupus merupakan penyakit autoimun yang jangkanya panjang dan membuat kekebalan tubuh jadi berlebihan atau hiperaktif. Sehingga bukan menyerang penyakit malah kekebalan tubuh penderitanya yang dilawan.

Pernah dengar nggak, kalau penyakit lupus adalah penyakit seribu wajah? Sebab memang penyebabnya beragam dan belum diketahui secara pasti. Bahkan bisa kombinasi dari berbagai faktor, misal genetik dan lingkungan. Pemicu dari munculnya gejala lupus ini bisa dari infeksi, obat-obatan tertentu sampai sinar matahari.

1 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Lupus

Ilustrasi Selena Gomez dan Lupus © Diadona
Sebenarnya penyebab lupus yang pernah diderita penyanyi terkenal Selena Gomez ini belum diketahui pastinya. Namun bisa jadi muncul karena beberapa hal berikut ini.

Faktor Genetik


Belum dibuktikan secara spesifik kalau penyebab lupus karena faktor genetik. Namun, ada kecenderungan jika punya saudara menderita lupus, maka yang lain berisiko juga.

Hormonal


Penyakit lupus ini lebih banyak diderita oleh perempuan menurut Lembaga Kesehatan Nasional AS. Bahkan kemungkinannya sembilan kali lebih besar. Biasanya diderita usia 15-45 tahun. Sehingga para peneliti menyimpulkan  hormon estrigen bisa menyebabkan lupus. Sebab perempuan lebih banyak menghasilkan hormon estrogen daripada laki-laki.

2 dari 4 halaman

Mikrobiota Usus


Ada kemungkinan faktor penyebab penyakit lupus karena perubahan spesifik di fitur mikrobiota usus. Anak-anak yang berusia di bawah 15 tahun jarang mengalami lupus kecuali ibu yang mengandungnya menderita ini. Sehingga saat anak terkena lupus, maka kemungkinan masalah kesehatan yang muncul adalah jantung, hati dan kulit.

Ada juga kasus seorang bayi yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit lupus. Sebab ada beberapa orang yang kecenderungan menderita lupus dari infeksi, obat-obatan dan sinar matahari.

Lingkungan


Terpapar bahan-bahan kimia atau virus yang bisa menyebabkan penyakit lupus juga rentan secara genetik. Misalnya seperti paparan sinar matahari, asap rokok, obat dan infeksi virus.

3 dari 4 halaman

Penyebab Lupus © Diadona

Meskipun gejala lupus pada setiap orang bisa berbeda-beda, ada yang umum untuk bisa dikenali, antara lain:

1. Muncul ruam di kulit, biasanya di pipi dan hidung

2. Demam tanpa sebab yang jelas

3. Kelelahan juga tanpa sebab yang jelas

4. Merasa nyeri dan kaku pada sendi

5. Mengalami penurunan berat badan

6. Kulit menjadi lebih sensitif

7. Kulit jari tangan atau jari kaki menjadi pucat

8. Mengalami sariawan berlebih

4 dari 4 halaman

Penyebab Lupus dan Pengobatannya

Penyebab Lupus © Diadona
Setelah kita ketahui penyebab lupus, maka bisa kita kenali bagaimana cara mencegah dan mengobati lupus. Namun sebenarnya, lupus ini tidak bisa dicegah. Hanya saha bisa menurunkan risiko terkena lupus.

Pastinya dengan menerapkan gaya hidup sehat guys. Sebab lupus adalah jenis penyakit autoimun. Dianjurkan juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar bisa menanganinya lebih awal jika terjadi sesuatu.

Sedangkan untuk pengobatannya bertujuan meredakan rasa sakit dan menghambat perkembangannya. Bisa dengan mengonsumsi obat-obatan, menerapkan pola hidup yang sehat serta manajemen stres yang positif.

Itulah beberapa pemicu penyabab lupus serta cara menanganinya. Tuh kan guys, hidup sehat memang penting banget. Mengonsumsi makanan kaya nutrisi, olahraga serta istirahat yang cukup misalnya. Yuk, mulai sekarang juga!

Beri Komentar