Jangan Salah, Minum Kopi Bisa Buat Payudara Mengecil!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 10 Juni 2020 12:27
Jangan Salah, Minum Kopi Bisa Buat Payudara Mengecil!
Hmm.. bisa jadi kopi adalah salah satu penyebabnya.

Kopi sudah menjadi minuman yang akrab di keseharian kita. Untuk memulai kerja, agar lebih fokus, minum kopi merupakan pilihan yang sempurna di mata kita. Tak hanya pria, wanita pun juga banyak meminum kopi.

Tapi, percaya nggak kamu girls, kalau minum kopi itu bisa membuat payudara mengecil!

1 dari 4 halaman

Berdasarkan Penelitian

Melansir dari Sciencerach.com, hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lund University di Swedia. Para peneliti mengungkapkan bahwa minum kopi bsa mengecilkan ukuran payudara wanita. Bahkan, hanya dengan 3 cangkir dalam sehari.

Ilustrasi Minum Kopi © Diadona

Untuk mengungkapkan hal tersebut, para peneliti menginvestigasi hubungan antara jumlah kopi yang dikonsumsi dengan ukuran payudara yang lebih kecil.

Penelitian tersebut dipimpin oleh Helena Jernstrom, yang menyelidiki 269 wanita. Para wanita tersebut mendapati ukuran payudaranya yang sekarang itu sebagaimana jumlah cangkir kopi yang mereka minum setiap hari.

2 dari 4 halaman

" Minum kopi bisa menjadi memiliki efek besar terhadap perubaha ukuran payudara. Namun, wanita tak perlu khawatir payudaranya akan mengecil sepanjang malam. Hanya mengecil, tapi payudara itu tidak akan hilang," ungkap Jernstrom.

Ilustrasi minum kopi © Diadona

Alasan kenapa kopi bisa mengecilkan payudara dikaitkan dengan bahwa kopi mengandung senyawa yang mempengaruhi aktivitas hormon. Selain kafein, kopi juga kayak akan fitoestrogen, yang menghambat reseptor estrogen pada payudara.

Sementara itu, estrogen merupakan hal yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan payudara. Ia juga akan dihambat untuk melakukan tugasnya bersama fitoestrogen.

Semakin banyak minum kopi, semakin kecil juga payudaranya kemudian untuk wanita.

3 dari 4 halaman

Turunkan Risiko Kanker Payudara

Walaupun sering minum kopi untuk wanita bisa membuat payudara menyusut, namun kabar baiknya, minum kopi bisa menurunkan risiko kanker payudara.

ilustrasi minum kopi © Diadona

Penelitian tersebut menungkapkan bahwa minum kopi setidaknya dua cangkir setiap hari bisa mengurangi risiko kambuhnya kanker payudara.

Asupan tamoxifen dan juga dua cangkir kopi setiap hari juga mengurangi risiko tumor kembali hingga 50% di antara wanita yang sembuh dari kanker payudara.

" Penelitian ini juga menunjukkan bahwa mereka yang minum kopi setidaknya dua cangkir sehari mempunyai tumor yang lebih kecil dan proporsi yang lebih rendah dari tumor yang tergantung hormon. Kami melihat bahwa ini sudah menjadi kasus pada saat diagnosis," jelas Ann Rosendhal, seorang peneliti di penelitian tersebut dari Lund University.

Beri Komentar