Bau Payudara Kayak Cuka? Ini lho Girls Penyebabnya!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 29 Mei 2020 07:27
Bau Payudara Kayak Cuka? Ini lho Girls Penyebabnya!
Kok bisa ya ada bau payudara kayak cuka?

Pertama kali saya mendengar bahwa bau payudara ada yang seperti cuka, saya cukup terkejut. Kok bisa ada payudara yang baunya kayak cuka. Saya sempat tertawa beberapa saat hingga saya akhirnya penasaran tentang hal ini. Kenapa bisa payudara berbau seperti cuka?

1 dari 6 halaman

Yourtango melansir sebelumnya, ada tiga hal yang bisa menyebabkan payudaramu berbau seperti cuka. Pertama karena kebanyakan makan gula, kedua kurang menjaga kebersihan, ketiga adalah karena adanya bakteri.

Kebanyakan gula bisa menyebabkan merusak aliran darah. Kemudian, aliran darah yang rusak itu akan membentuk yang baru, yang kemudian berubah menjadi senyawa asam yang mengubah bau seperti cuka saat tubuh mengeluaran keringat. Memang makanan gula itu menggiurkan, tapi bau payudaramu bisa kayak cuka nanti.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Payudara Kendur © Diadona

Selain gula, kebersihan kamu dalam menjalani hidup sehari-hari juga bisa disalahkan. Kamu jarang mandi apalagi jarang pake deodoran? Ya wajar saja. Apalagi ketika musim panas lagi datang, dan keringat bercucuran. Bau cuka, deh!

Ngomong-ngomong, tubuh kita mempunya dua kelenjar kulit, yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar aprokrin. Kelenjar-kelenjar ini tertelak di telinga, alat kelamin, ketiak, dan bakan payudaramu. Selain itu, kelenjar tersebut juga bekerja untuk memproduksi ASI (salah satu contoh), yang beberati menghasilkan begitu banyak protein. Katika protein bercampur dengan garam dari kedua kelenjar tersebut, bau cuka pun pada payudara terjadi.

3 dari 6 halaman

Kalau menurut sebuah artikel yang dipublikasikan sebelumnya di Firstwomen.com, payudara berbau seperti cuka itu karena ada infeksi jamur di antara kedua payudara seorang wanita, atau di bawahnya.

Jamur itu bernama cutaneous candida. Jamur ini sering singgah di bawah payudara, tapi juga bisa di area tubuh lainnya. Biasanya, ia hidup di lingkunan yang lembab dan hangat.

Sementara itu, nampaknya bagian bawah payudara merupakan inang sempurna untuk mereka hidup. Kalau punya payudara besar, bisa jadi tempat tinggal yang diutamakan untuk mereka.

4 dari 6 halaman

Penanggulangan

ilustrasi bau © Diadona

Agar jamur yang menyebabkan payudara berbau seperti cuka itu hilang, yang pertama mesti dilakukan adalah dengan rutin membersihkan bagian bawah payudara. Tak lupa juga untuk pastikan dikeringkan secara menyeluruh.

Untuk obatnya, bisa menggunakan obat alami, seperti ekstrak biji jeruk bali. Obat terjadi mengandung flavonoid yang bersifat anti-jamur yang kuat. Caranya, cukup campurkan tiga tetes ekstrak biji jeruk bali dengan 1 ons air. Setelah itu, gunakan bola kapas untuk mengaplikasikannya ke payudara. Lakukan selama dua kali sehari dalam satu minggu.

5 dari 6 halaman

Untuk perawatan lainnya, bersihkan payudara dan bra kamu dengan tepung jagung. Gunannya adalah untuk mengeuarkan keringat. Bisa juga dengna mengoleskan antipersipirant ke bagian bawah payudaramu sesuai kebutuhan sehari-hari.

Kalau saran dari national Institutes of Health, gunakan juga bubuk anti-jamur di bawah payudara. Kalau emang cocok, gunanya bisa mengontrol kelembaban dan menghambat pertumbuhan jamur yang sebelumnya ada.

6 dari 6 halaman

Kalau kamu punya payudara yang baunya kayak cuka, cobain tips di atas dulu girls! Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar