Meskipun Terlihat Aneh, Ternyata Kamu Juga Perlu Lho Ngomong Sendiri!

Reporter : Mila
Senin, 8 Juni 2020 15:57
Meskipun Terlihat Aneh, Ternyata Kamu Juga Perlu Lho Ngomong Sendiri!
Jangan takut dibilang gila gara-gara suka ngomong sendiri.

Berbicara biasanya dilakukan antar dua orang atau lebih. Tapi ada saatnya dimana kita harus berbicara sendiri (self-talk). Ntar malah dibilang gila? Jangan hiraukan.

Berbicara kepada diri sendiri itu bukan hal yang konyol, malah justru sehat untuk mental. Sebuah studi mengungkapkan bahwa berbicara sendiri bisa memengaruhi tingkat stres, daya ingat, dan lain-lain.

1 dari 2 halaman

Self-talk Positif

Pentingnya Ngomong Sendiri © Diadona

Seperti halnya berbicara pada orang lain, berbicara pada diri sendiri juga harus hal-hal yang positif dan membangun. Kalau yang dibicarakan hal negatif justru akan membuat sakit hati dan mood down.

Seseorang harus fokus perhatian self-talk negatif dan mengubahnya menjadi self-talk positif. Sebuah penelitian membuktikan bahwa atlet menggunakan self-talk positif sebagai cara untuk meningkatkan kinerja mereka, yang dapat membantu mereka meningkatkan kekuatan melalui kegiatan fisik.

2 dari 2 halaman

Apa Manfaatnya?

Pentingnya Ngomong Sendiri © Diadona

Studi menunjukkan bahwa orang yang sering melakukan self-talk positif, biasanya punya keterampilan yang memungkinkan mereka untuk menyelesaikan masalah lebih efisien dan efektif.

Selain itu self-talk positif juga bisa jadi salah satu cara sederhana untuk membantu mengelola tingkat stres pada diri sendiri. Dengan berpikir secara positif, kamu akan secara alami mengurangi tingkat stres dan kecemasanmu sendiri.

Jadi, jangan takut lagi ya dibilang gila atau aneh. Jika kamu memang memerlukan self-talk, maka lakukanlah itu.

Beri Komentar