Gak Selalu Bermanfaat, Sering Minum Susu Sapi Bisa Jadi Fatal Buat Payudara!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 10 Juni 2020 07:27
Gak Selalu Bermanfaat, Sering Minum Susu Sapi Bisa Jadi Fatal Buat Payudara!
Wah, bisa kenapa tuh akibatnya buat payudara?

Kalian mungkin selama ini mendengar bahwa minum susu sapi banyak sekali manfaatnya. Bisa dari memperkuat tulang, hingga menyehatkan jantung. Tapi untuk wanita, kalian perlu perhatikan sisi lain. Soalnya, minum susu sapi bisa berakibat fatal untuk payudaramu jika sering-sering!

1 dari 4 halaman

Sebabkan Kanker Payudara

Ilustrasi Wanita Minum Susu © Diadona

Pernyataan ini tentu juga bukan sembarangan. Sebaliknya, melansir dari Science Daily, hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Loma Linda University Health yang telah dipublikasikan di International Journal of Epidemiology.

Hasilnya, bahkan dengan jumlah konsumsi yang sedang, susu sapa bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Bisa menjadi 80%, tergantung juga berapa banyak yang dikonsumsi.

2 dari 4 halaman

" Bukti menunjukkan cukup kuat bahwa susu sapi atau lainnya yang berkaitan dengan konsumsi susu sapi merupakan penyebab kanker payudara pada wanita," ucap Gary E Fraser, MBChB, PhD, penulis itu penelitian tersebut.

" Menkonsumsi 1/4 hingga 1/3 cangkir susu sapi per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara sebesar 30%," tambanya. " Satu cangkir perhari, risikonya naik 50 %. Dua hingga tiga cangkir perhari, risiko meningkat lagi menjadi 70% hingga 80%."

Dalam akhir penelitiannya, ada 1.057 kasus kanker payudara baru. Untuk kasus susu kedelai dan kanker payudara, tidak ada hubungan yang jelas di antara mereka berdua. Namun bila dibandingkan antara susu sapi, apalagi dengan asupan yang tinggi, sangat terkait dengan risiko kanker payudara yang lebih besar.

3 dari 4 halaman

Butuh Penelitian Lanjut

Ilustrasi Payudara Kendur © Diadona

Masih belum jelas sebenarnya kenapa susu sapi bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Tapi, Fraser menjelaskan kemungkinan besar karena susu sapi tersebut mempunya kandungan hormon seks. Sebab, sapi-sapi tersebut tentu juga menyusui, dan 75% dari kawanan sapi perah hamil.

Kanker payudara merupakan kanker hormon responsif. Tak hanya susu sapi, dilaporkan juga bahwa susu hewani lainnya dengan kadar hormon dalam darah yang lebih tinggi, insulin-like growth factur-1 (IGF-1), bisa memicu jenis kanker tertentu.

" Memang susu sapi punya berbagai manfaat kualitas gizi. Tapi perlu diseimbangkan juga efek buruknya. Penelitian ini butuh segera mungkin penelitian lebih lanjut," ungkap Fraser.

Beri Komentar