Ini Lho Manfaat Tidur Tanpa Bantal Buat Kesehatan!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 9 Juli 2021 09:27
Ini Lho Manfaat Tidur Tanpa Bantal Buat Kesehatan!
Kalian tidur dengan bantal atau tanpa bantal?

Tidur merupakan salah satu hal yang paling penting bagi manusia. Dengan tidur, organ-organ tubuh jadi beristirahat dan siap untuk menjalani berbagai aktivias sehari-hari.

Cara tidur setiap orang pun berbeda-beda. Namun kebanyakan, orang tidur dengan menggunakan bantal. Kamu juga demikian, bukan?

Namun gimana dengan tidur tanpa bantal? Apakah lebih sehat? Melansir dari Hellosehat.com, tidur dengan tanpa bantal ternyata memiliki manfaat kesehatan tersendiri nih! Apa aja ya?

 

1 dari 5 halaman

Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi Wanita Tidur © Diadona

Buat kamu yang ingin merasakan tidur nyenyak, kayaknya sudah sepatututnya untuk mencoba tidur tanpa bantal, nih. Sebab, posisi tidur tanpa bantal merupakan posisi optimal untuk tubuh beristirahat.

Hal sebaliknya justru bisa terjadi jika menggunakan bantal. Apalagi jika bantal tidak sesuai, otot punggung dan leher bisa menjad korbannya. Kalau terus-terusan begitu, malah menyebabkan gangguan tidur yang berkelanjutan.

2 dari 5 halaman

Punggung dan Leher Lebih sehat

Posisi tidur tanpa bantal ternyata merupakan pisisi tidur yang natural. Punggung dan leher pun berada dalam posisi yang optimal sehingga tak perlu khawatir bakalan sakit ketika pagi tiba.

Namun, tidur dengan bantal malah bisa menyebabkan sebaliknya. Otot leher bisa meregang dan alirah darah ke otak bisa berubah. Paginya kepala bahkan merasa sakit. Pernah mengalami kondisi 'salah bantal' Ya begitulah.

Apalagi jika tidur dengan bantal bertumpuk. Tak haya menyebabkan rasa sakit pada bagian punggung, hal tersebu bahkan meningkatkan risiko kerusakan pada bagian tubuh tulang belakang.

 

3 dari 5 halaman

Kulit Wajah Lebih Sehat

Ilustrasi Wanita Tidur © Diadona

Ternyata, tidur dengan tanpa bantal bisa menyebabkan kulit wajah kamu lebih sehat nih. Wah, kok bisa ya? Ketika tidur dengan bantal, kulit wajah bakal tertekan dengan bantal jika tidur menyamping. Pori-pori wajah pun jadi tidak bisa bernapas sehingga wajah menjadi berkeringat dan terjadi penumpukan lemak dan minyak.

Akibatnya, jerawat bisa mncul karena debu dan kotoran yang menempel setiap malam pada wajah. Apalagi kalau sarung bantal tidak pernah diganti dan dicuci. Namun jika tidur tanpa bantal, hal tersebut tak akan terjadi.

 

4 dari 5 halaman

Tidak Semua Orang Bisa Tidur Tanpa Bantal

Ya, meskipun tidur tanpa bantal memiliki manfaatnya tersendiri bagi kesehatan, namun untuk beberapa orang dilarang. Contohnya seperti orang dengan sleep apnea, GERD, dan nyeri leher. Orang dengan kondisi-kondisi tersebut perlu alas kepala seperti bantal saat tidur.

Orang dengan sleep apnea bisa berhenti bernapas sejenak ketika tidur, sehingga bisa terbangun dengan napas ngos-ngosan. Sementara itu tidur dengan bantal bisa mengurangi gejala ini. Begitu juga dengan penderita GERD.

 

Beri Komentar