Rajin Bangun Pagi Jadi Kunci untuk Jaga Kesehatan Mental

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 8 Juni 2021 14:40
Rajin Bangun Pagi Jadi Kunci untuk Jaga Kesehatan Mental
Kegiatan di rumah bukan jadi alasan buat bangun siang!

Ada dua pekerjaan rumah kita selama masa pandemi; pertama, menjaga kesehatan fisik agar tak terserang virus corona. Kedua, menjaga kesehatan mental akibat terbatasnya ruang gerak karena protokol kesehatan yang berlaku.

Seperti kita tahu beberapa instansi, baik kantor maupun sekolah, memang telah menerapkan kegiatan luring. Sementara itu beberapa lainnya masih menjalankan kegiatan daring yang dilaksanakan dari rumah masing-masing. Sekilas, kegiatan daring terlihat lebih fleksibel. Tak perlu berganti pakaian, tak perlu datang langsung ke lokasi, dan tak perlu bangun pagi untuk mengejar waktu.

Poin terakhir jadi salah satu alasan paling populer. Padahal, tetap disiplin dengan rajin bangun pagi adalah salah satu langkah krusial untuk menjaga kesehatan mental lho.

1 dari 3 halaman

Ciptakan Mindset Positif

Ilustrasi perempuan bangun pagi © Diadona

Hal ini dijelaskan oleh Psikolog Anak dan Remaja, Saskhya Aulia Prima. Ia menuturkan bahwa bangun pagi dapat membuat fisik dan mental lebih sehat sehingga dapat menurunkan risiko depresi, menciptakan pola pikir positif, serta dapat mengatur emosi lebih baik.

" Mindset positif membuat seseorang jadi optimis, manajemen emosi lebih baik, meningkatkan kemampuan sosial, orang jadi lebih asertif," terang Saskhya dalam acara bertajuk 'Rayakan Hari Susu Sedunia 2021: Kebaikan Susu Awali Hari', Rabu (02/06/2021), dikutip dari laman Antara.

2 dari 3 halaman

Lebih Tenang Jalani Hari

Ilustrasi perempuan minum © Diadona

Seseorang yang terbiasa melakukan rutinitas sejak pagi akan memiliki waktu tenang untuk diri sendiri karena ketersediaan waktu luang sebelum memulai aktivitas seperti belajar atau bekerja dari rumah.

Kebiasaan bangun pagi juga memudahkan perencanaan dan persiapan hari sehingga beragam tugas bisa diselesaikan tepat waktu. Dengan demikian, produktivitas dan emosi dapat lebih terjaga karena hati yang jadi lebih tenang berkat adanya perencanaan matang.

3 dari 3 halaman

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pagi Hari

Ilustrasi perempuan meditasi © Diadona

Saskhya menegaskan bahwa bangun di pagi hari tak berarti harus langsung melakukan kegiatan seperti belajar dan bekerja tepat saat kita membuka mata. Poin pentingnya adalah untuk segera bangkit dari tempat tidur saat alarm berbunyi tanpa menunda-nunda.

Psikolog lulusan Magister Profesi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu juga menyarankan berbagai kegiatan yang dapat membantuk ketenangan seperti beribadah dan bermeditasi. Olahraga ringan, mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi, journalling, dan membaca beberapa lembar buku jadi alternatif kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengawali hari.

" Biasakan bangun di jam yang sama setiap hari dan merencanakan (kegiatan) hari (itu) dari sehari sebelumnya," terang Saskhya.

Dengan membuat perencanaan, kita tak perlu merasa tergesa-gesa dan kelabakan saat memulai hari. Kegiatan pun bisa kita mulai dengan lebih tenang dan damai.

Gimana, siap mempraktikkannya, Diazens?

Beri Komentar