10 Manfaat Bangun Pagi Menurut Islam Ternyata Bagus untuk Kecantikan dan Kesehatan

Reporter : Sheila Fathin
Sabtu, 10 April 2021 07:00
10 Manfaat Bangun Pagi Menurut Islam Ternyata Bagus untuk Kecantikan dan Kesehatan
Bangun pagi sama halnya dengan menjalankan sunnah dari Nabi

Manfaat bangun pagi atau bangun lebih awal akan memberikanmu rasa semangat untuk memulai hari. Selain memberikan kamu kesempatan untuk lebih produktif lagi, sebagai orang islam tentunya kamu perlu menjalankan kewajiban kamu untuk menjalankan sholat subuh. 

Bangun pagi akan memberikan berkah yang sebagian besar orang lebih suka berada di tempat tidur berlama-lama hingga matahari terbit. Untuk mengambil berkah-berkah yang diberikan oleh Allah SWT, sangatlah penting bagi kita untuk bangun lebih awal. Karena dengan bangun lebih awal, Allah SWT tentunya akan memberikan banyak manfaat yang baik untuk umat-umatnya.

Sehingga, pada artikel ini akan menjelaskan apa saja manfaat bangun pagi menurut perspektif orang islam. Ada baiknya kamu baca hingga akhir, ya! 

1 dari 3 halaman

Manfaat Bangun Pagi Menurut Islam

Manfaat Bangun Pagi © Diadona

Manfaat bangun pagi menurut islam ternyata sesuai dengan sunnah rasul yang tentunya menjadi baik jika kita melakukannya. Apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan jika bangun pagi?

Meningkatkan Produktivitas 

Bangun lebih pagi menurut islam akan membuat perasaan kamu jauh lebih tenang. Beberapa orang mungkin masih tertidur lelap, dan kamu bisa menggunakan suasana tenang ini untuk menjernihkan pikiran kamu dari hal-hal negatif yang telah mengganggumu. Kamu  juga tidak akan mengalami yang namanya terburu-buru dan bisa mengatur serta menjadwal ulang rencana harian kamu. Kamu akan merasa jauh lebih produktif.

Mengurangi Rasa Stress

Manfaat bangun pagi menurut islam adalah mengurangi rasa stress. Rasa stress ini bisa berkurang dengan dua cara yaitu yang pertama adalah kamu melakukan meditasi atau merilekskan pikiran kamu sejenak sebelum tidur untuk melepas semua penat yang telah kamu lalui sepanjang hari. Kedua, gunakan waktu ekstra di pagi hari untuk kontemplasi yang tenang. Apabila kamu orangnya religius, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk membaca Alquran sebelum memulai hari-harimu.

Meningkatkan Kreativitas

Menurut penulis dan seniman, dirinya merasa keadaan di mana kreativitas muncul berada di pagi hari. Hal itu terjadi karena otak di pagi hari masih sangat fresh. Sehingga untuk memulai aktivitas kamu agar lebih produktif dan kreatif, bangunlah lebih pagi.

Badan Lebih Sehat dan Bugar

Manfaat bangun pagi menurut islam sendiri bisa membuat badan kamu jauh lebih sehat dan fresh. Hal ini disebabkan kamu memiliki cukup banyak waktu untuk berolahraga sebelum jam kantor di mulai. Dengan olahraga di pagi hari, akan membuat kamu merasa bersemangat untuk menjalani hari-hari mu. Energi positif akan terus berdatangan menghampirimu. 

2 dari 3 halaman

Manfaat Bangun Pagi untuk Kecantikan

Manfaat Bangun Pagi © Diadona

Dari segi kecantikan juga manfaat bangun pagi juga sangat mempengaruhi. Mungkin kata-kata “ Sleep more to get the beauty” ada benarnya. Kalau seperti itu, kira-kira manfaat yang akan didapatkan untuk kecantikan kita apa ya?

Say No to Mata Panda!

Kurang tidur akan membuat mata kamu terlihat sembab di pagi hari. Hal itu dikarenakan ketika kamu mengalami stress, kadar kortisol pada tubuh meningkat dan tentunya ini mengubah kadar keseimbangan garam dalam tubuh kamu. Apabila kamu ingin mendapatkan mata yang jaudah dari mata panda, ada baiknya kamu tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. 

Kulit Awet Muda dan Bercahaya

Menurut Dr. Bowe kecantikan di pengaruhi dari sel kulit baru akan tumbuh lebih cepat saat kamu tidur. Pertumbuhan sel kulit baru akan terjadi secara maksimal apabila kamu bisa tidur lebih awal dan bangun lebih pagi untuk melakukan rutinitas merawat kulitmu. Maka, ketika kamu bangun pagi, kamu tidak perlu terburu-buru untuk skip skincare routine kamu.

3 dari 3 halaman

Manfaat Bangun Pagi bagi Kesehatan

Manfaat Bangun Pagi © Diadona

Dari perspektif islam sendiri, manfaat bangun pagi juga akan berdampak pada kesehatan tubuh, ya, Diazens. Kira-kira apa aja manfaatnya?

Pikiran yang Rileks

Dengan tidur nyenyak di malam hari mampu mengurangi stress fisik dan mental yang disebabkan oleh produktivitas yang sudah dilalui. Hal ini tentunya akan menenangkan pikiran dan tubuh saat di pagi hari. Sehingga, tidur selama 8 jam dan bangun lebih pagi kamu sudah menjaga kesehatan tubuh kamu.

Meningkatkan Daya Ingat

Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, akan memberikan manfaat bangun pagi yang bagus untuk otak kamu. Dengan otak yang fresh maka daya ingat kamu juga semakin bagus.

Memberi Kesempatan Melakukan Sarapan

Sarapan bagi kesehatan sangat lah penting ya, Diazens. Sarapan akan membuat kamu lebih mudah untuk berkonsentrasi pada pekerjaan yang akan kamu lakukan di hari ini. Sehingga, manfaat bangun pagi ini akan membuat kamu bisa sarapan dengan tenang tanpa harus takut terlambat masuk kantor.

Membantu Kerja Metabolisme

Dengan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi akan membuat kamu bisa tidur selama 8 jam. Yang mana tidur selama 8 jam sangat dianjurkan oleh para ahli. Selain untuk membuat badan kamu lebih segar dan produktif, manfaat bangun pagi juga akan memperlancar metabolisme kamu.

Manfaat bangun pagi akan membuat kamu merasa fresh dan sehat. Kamu juga akan lebih gampang untuk menjalani hari-harimu, Diazens. Pola hidupmu juga akan jauh lebih tertata dari sebelum-sebelumnya.

Beri Komentar