13 Manfaat Tidur Siang dengan Telanjang Bikin Stress Cepat Hilang

Reporter : Sheila Fathin
Rabu, 19 Mei 2021 16:10
13 Manfaat Tidur Siang dengan Telanjang Bikin Stress Cepat Hilang
Tidur siang dapat membantu kamu untuk bisa lebih produktif lagi, lho!

Manfaat tidur siang memang bagus untuk kesehatan tubuh. Apalagi disaat kamu sedang merasa lelah dengan rutinitasmu dan mengharuskan kamu untuk tidur siang walau sejenak. Pasalnya, tidur siang memang bagus untuk kesehatan tubuh, namun kamu juga perlu tahu bahwa tidur siang juga tidak boleh terlalu lama, ya.

Tidur siang memberikan efek yang cukup tidak hanya pada kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Tidur siang membuat kamu sedikit bisa merilekskan pikiran dan otak kamu agar lebih fresh lagi untuk menjalani pekerjaanmu. Selain itu masih banyak lagi manfaat dari tidur siang yang jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja kira-kira?

1 dari 3 halaman

Manfaat Tidur Siang

Manfaat tidur © Diadona

Meningkatkan Kewaspadaan

Dengan tidur siang secara tidak langsung membantu kamu untuk meningkatkan perhatian kamu kepada hal-hal yang harus kamu selesaikan. Selain itu juga tingkat konsentrasi kamu semakin lebih tajam daripada sebelum tidur siang. Kamu juga akan lebih fokus dan jarang melamun. 

Menjaga Emosi Tetap Stabil

Manfaat tidur siang yang tidak kamu ketahui adalah kamu tanpa sadar dapat membuat mood kamu kembali stabil. Yang awalnya kamu merasakan stress dan frustasi, dengan tidur siang sejenak kamu akan mengembalikan mood kamu. Sehingga kamu tidak menjadi orang yang impulsif dalam mengambil sebuah keputusan nantinya.

Meningkatkan Memori

Ada di mana hari-hari yang kamu lalui terasa begitu berat. Sehingga membuat kamu harus memutar otak terus dan terus. Tanpa kamu sadari, kamu merasa lelah dan kamu merasakan bahwa diri kamu melupakan sesuatu hal yang penting. Jika hal itu terjadi, kamu bisa melakukan tidur siang sejenak sambil mengingat-ingat kembali apa saja hal yang kamu lupakan. Dengan tidur siang membuat kamu lebih mudah mengingat hal-hal yang sempat kamu lupakan.

Meningkatkan Pola Pikir Kreatif

Manfaat tidur siang sejenak bisa membantu kamu untuk berpikir lebih kreatif lagi. Otak sendiri juga punya kapasitasnya untuk berpikir. Jika terlalu digunakan secara berlebihan, tubuh kamu akan terasa lelah dan otak kamu pun tidak bisa berfungsi dengan baik. Nah, ada baiknya jika kamu mengistirahatkan otak dan badan kamu sejenak. Agar, otak kamu kembali fresh dan dapat berpikir lebih kreatif lagi.

Membantu Memecahkan Masalah

Manfaat tidur siang tidak hanya membantu kamu mengingat hal-hal yang baru saja kamu pelajari, namun kamu dapat memecahkan masalah yang kamu hadapi. Kamu dapat menarik hubungan dan membuat kesimpulan atas permasalahan yang sedang kamu hadapi. Jika itu masalah pekerjaan, kamu dapat dengan mudah memecahkannya dan memberikan solusi terbaik untuk perusahaan. 

Tidur Siang Lebih Baik daripada Menyeduh Kopi

Hari terasa lelah, namun menyelesaikan pekerjaan tidak bisa lagi untuk ditunda. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan tidur siang sejenak. Minum kopi terlalu banyak hanya akan membuat lambung semakin bermasalah. Dengan tidur siang bisa membuat daya ingat kamu meningkat.

2 dari 3 halaman

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Manfaat tidur © Diadona

Membangung Tulang yang Sehat

Dengan minum susu sebelum tidur siang, kita tahu bahwa susu mengandung vitamin D yang tinggi untuk penyerapan kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang yang sehat. Dengan demikian, susu dapat mendukung tubuh dalam penyembuhan itu sendiri dan dalam pembaruan kandungan vitamin D yang telah habis. Manfaat tidur siang dengan minum susu dapat membantu mengimbangi terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh banyak penyakit seperti osteoporosis. 

Membuat Kulit Tampak Lebih Sehat

Ada banyak manfaat minum susu untuk kulit. Asupan susu secara teratur dapat memperbaiki kondisi kulit dengan memberikan tampilan awet muda. Susu sendiri mengandung vitamin B12 yang dapat membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit dan kolagen yang membuatnya tampak bercahaya dan indah. Vitamin A yang ada dalam susu dapat mendukung pembentukan sel baru dan membantu melawan berbagai penyakit kulit yang membuatnya bercahaya dan tanpa cela.

Memberikan Energi

Manfaat tidur siang dengan minum susu mungkin akan membuat tubuh kamu bangun dengan penuh energi dan fresh. Badan kamu mungkin akan terasa rileks dan pikiran pun jernih. 

Mengurangi Tingkat Stress

Protein dan lactium yang ditemukan dalam susu dapat menghasilkan pengaruh yang menenangkan pada tubuh dengan mengurangi tekanan darah, mengendurkan otot dan menurunkan kadar kortisol, hormon yang dilepaskan oleh tubuh saat sedang stres. Lactium dapat mempengaruhi reseptor otak untuk membantu mengendalikan stres dan kecemasan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Tidur Telanjang

Manfaat tidur © Diadona

Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak

Ternyata tidur dengan tidak menggunakan baju atau hanya menggunakan dalaman saja bisa membuat tidur lebih cepat dan nyenyak. Manfaat tidur siang sendiri dengan tanpa menggunakan busana membantu menurunkan suhu tubuh dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Apalagi ketika pikiran sedang banyak-banyaknya, maka kamu perlu untuk segera tidur dengan cepat.

Mengurangi Stress dan Menstabilkan Mood

Karena tidur telanjang dapat membantu menurunkan suhu tubuh Anda dan menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik, tidur dengan menggunakan buff juga dapat membantu mengurangi stres. Terdapat studi yang mengatakan bahwa mengobati insomnia memiliki efek positif pada suasana hati secara keseluruhan. 

Mencegah Penambahan Berat Badan dan Meningkatkan Metabolisme

Terdapat penelitian yang ditinjau lebih lanjut membuktikan hubungan antara kurang tidur dikaitkan dengan penambahan berat badan. Menelanjangi tubuh sebelum tidur dapat membantu mempertahankan atau memperbaiki jadwal tidur, dan mencapai tujuh hingga sembilan jam yang direkomendasikan sepenuhnya terkait dengan berat badan yang lebih sehat.

Manfaat tidur siang memberikan pengaruh yang baik pada tubuh. Dengan tidur siang kita bisa mendapatkan kembali pola pikir kita yang kreatif dan mood kita menjadi lebih stabil.