Harus Tetap Sehat, 5 Olahraga Ini Justru Bahaya Buat Lansia!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 8 Desember 2020 18:27
Harus Tetap Sehat, 5 Olahraga Ini Justru Bahaya Buat Lansia!
Skip dulu yaak~

Olahraga memang sangatlah penting. Aktivitas ini sudah seharusnya menjadi rutinitas sehari-hari agar tetap fit dalam menjalani berbagai kegiatan.

Namun, ternyata ada beberapa kondisi di mana tak semua olahraga bisa dilakukan. Salah satu kondisi tersebut adalah kondisi usia yang sudah tua.

Seiring berjalannya waktu, semakin menua diri kita. Hal ini tentu adalah faktor yang tentu nggak bisa ditolak. Nah, ketika sudah mencapai usia senja, melansir dari Boldsky via Merdeka.com, lansia sebaiknya menghindari jenis olahraga ini nih!

1 dari 6 halaman

Squat

Ilustrasi Olahraga Berat © Diadona

Squat merupakan olahraga dengan gerakan berdiri kemudian berjongkok kemudian berdiri lagi. Olahraga squat ternyata melibatkan banyak persendian, sehingga bisa-bisa mengalami nyeri lutut atau cedera. Apalagi untuk lansia yang rentan atas osteorthritis, sebaiknya hindari dulu squat, ya.

2 dari 6 halaman

Deadlift

Ilustrasi Olahraga Berat © Diadona

Dengan mengandalkan besi angkat beban, deadlift salah satunya sangat berfokus oada lutut. Untuk lansia, tentu hal ini bisa tidak baik. Bisa juga berpengaruh pada cedera tulang belakang soalya!

3 dari 6 halaman

Lat Pulldown

Ilustrasi Olahraga Berat © Diadona

Jenis olahraga Lat Pulldown merupakan olahraga yang melibatkan banyak sendi dan otot, secara bermsamaan pula. Untuk lansia, hal ini bisa berbahaya karena membuatnya menarik beban di belakang punggung. Hal ini tentu menyebabkan tekanan besar pada sendiri di bahu dan bisa cedera.

4 dari 6 halaman

Bench Press

Bench Press biasanya latihan angkat beban yang berfokus pada pembentukan otot dada. Namun untuk lansia, hal ini bisa menyebabkan cedera di berbagai bagian. Sebut saja bahu, persendian, dan otot pektoral. Sebab, seiring bertambahnya umur, persendian juga semakin melemah.

5 dari 6 halaman

Leg Press

Ilustrasi Olahraga Berat © Diadona

Lansia rentan sih terkena arthritis, bukan? Nah, kalau punya masalah tersebut, olahraga leg press sebaiknya hindari saja. Bisa-bisa memengaruhi ligamen dan tendon yang ada di sekitar persendian lutut.

Beri Komentar