Jangan Malas Meski Lagi Libur, Mandi Pagi Hari Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 6 Desember 2020 09:25
Jangan Malas Meski Lagi Libur, Mandi Pagi Hari Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho
Mengurangi tingkat stress hingga meningkatkan kesuburan, ini lho sederet manfaat mandi pagi.

Mandi merupakan salah satu aktifitas yang menyegarkan tubuh. Memulai kegiatan dengan mandi dan mengakhirinya dengan mandi pula.

Namun ternyata, tak hanya menyegarkan lho. Mandi pagi ternyata juga memiliki sederet manfaat, terlebih jika menggunakan air dingin. Kira-kira apa saja ya, simak berikut ini yuk!

1 dari 2 halaman

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

ilustrasi rambut © Diadona

Mandi pagi ternyata dapat membuat kulit tetap lembab dan kenyal lho. Selain itu, mandi pagi dengan air dingin juga membantu rambut jadi lebih lembut dan mengilau alami.

Menyegarkan Pikiran

Mandi pagi hati selain menyegarkan badan juga dapat menyegarkan pikiran. Hal ini karena air dengan suhu dingin dapat memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin. Ini adalah hormon sejenis adrenalin yang dapat membantu pikiran tetap waspada secara alami.


Meningkatkan Imun Tubuh

Ilustrasi Olahraga © Diadona

Menurut European Journal of Applied Physiology and Occupational Physiology, suhu dingin ketika mandi pagi juga dapat memperkuat daya tahan tubuh. Hal ini memicu tubuh untuk memproduksi berbagai protein yang ada untuk memperkuat sistem imun.

 

2 dari 2 halaman

Mengurangi Depresi

Menurut para peneliti di Department of Radiation Oncology at Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi dengan air dingin di pagi hari dapat menstimulasi titik biru otak yang dapat membantu dalam mengurangi depresi secara kimiawi.


Meningkatkan Kesuburan

Ilustrasi pasangan bahagia © Diadona

Menurut penelitian yang dilakukan University of California, menunjukkan jika sperma laki-laki secara signifikan dapat meningkat setelah mandi di pagi hari dengan air dingin selama satu minggu. Mandi dengan air dingin juga dapat memicu produksi testosteron, hormon pada pria yang bertanggung jawab untuk dorongan seksual.

Nah itu dia manfaat mandi pagi hari, ternyata banyak juga ya. Jadi mulai sekarang jangan males lagi ya!

Beri Komentar