Gak Boleh Gampang Capek, Ini Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 7 Desember 2020 18:27
Gak Boleh Gampang Capek, Ini Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma
Walau punya asma, tetap olahraga agar tetap sehat!

Olahraga tentu merupakan aktivitas yang seharusnya tak lepas dari kehidupan kita. Dengan olahraga, bandan menjadi sehat dan fit dalam menjalani berbagai kegiatan sehari-hari.

Namun, ada beberapa orang dengna kondisi tertentu yang harus memilah jenis olahraga yang mereka lakukan. Contohnya saja untuk orang penderita asma.

Penderita asma, jika aktivitas fisiknya berlebih sehingga menjadi gampang capek, bisa-bisa justru menjadi pemicu asma itu sendiri.

Tapi, bukan berarti pernderita asma nggak boleh olahraga ya. Ini olahraga yang aman untuk penderita asma melansir dari Healthline.

1 dari 5 halaman

Jalan Kaki

Ilustrasi Berjalan Kaki © Diadona

Olahraga terbaik untuk penderita asama adalah olahraga yang lembut dan mempunyai intensitas rendah. Salah satu olahraga tersebut adalah dengan jalan kaki. Olahraga ini ringan dan membuat lebih mudah bernapas. Untuk hasil yang maksimal, bisa berjalan di cuaca hangat ya.

 

2 dari 5 halaman

Bersepeda Santai

ilustrasi olahraga bersepeda © Diadona

Olahraga lain yang aman untuk penderita asma adalah bersepda santai. Olahraga ini ringan dan nggak selalu mengerahkan tenga terus-terusan. Jika malsa ke luar ruangan, kamu juga bisa melakukannya di dalam ruangan dengan sepeda statis.

3 dari 5 halaman

Renang

Ilustrasi Berenang © Diadona

Ternyata, renang juga salah satu olahraga yang terbilang aman untuk penderita asma. Aktivitas ini cenderung nggak menimbulkan gejala asma karena lembab, serta adanya tekanan cairan di dada. Tapi, harus berhati-hati jika kolam diklorinasi. Sebab untuk beberapa orang, bisa menyebabkan gejala asma.

4 dari 5 halaman

Mendaki

Ilustrasi Mendaki © Diadona

Siapa yang kepengin mendaki? Nah, mendaki ini terbilang aman untuk penderita asma. Asalkan memilih jalur yang relatif datar, atau tanjakan yang stabil. Nikmati pendakian yang lembut, ya.

5 dari 5 halaman

Jadi itu ya gaes olahraga yang setidaknya bisa dilakukan untuk penderita asma. Mungkin olahraga lain itu ada senam, volli, dan golf. Kamu penderita asma? Olahraga apa yang biasa dilakukan? Sharing, dong!

Beri Komentar