Kenapa Ya Dokter Pakai Baju Warna Hijau Saat Operasi?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 7 Desember 2020 08:25
Kenapa Ya Dokter Pakai Baju Warna Hijau Saat Operasi?
Ternyata ini lho alasan dibalik warna hijau yang dikenakan dokter untuk operasi..

Ketika di rumah sakit, Dokter dan perawat identik dengan jas atau seragamnya yang berwarna putih. Namun hal ini berbeda ketika memasuki ruang operasi, dokter akan menggunakan baju lengkap dengan penutup kepalanya yang berwarna hijau.

Nah ternyata warna hijau tak dipilih dengan sembarangan lho. Ada alasan penting di balik pemilihan warna ini, kira-kira apa hayo?

1 dari 2 halaman

Warna Hijau Menyegarkan Mata dari Warna Merah

Ilustrasi Operasi © Diadona

Dilansir dari LiveScience.com, penggunaan baju warna hijau atau kebiruan dapat membantu dokter untuk melihat dengan lebih baik. Hal ini bermula pada awal abad ke 20, dimana salah seorang dokter yang berpengaruh membuat para dokter mengenakan warna hijau karena warna hijau akan membantu dokter melihat dengan lebih baik di ruang operasi.

Hal ini karena ketika mengoperasi pasiennya, dokter hanya akan melihat warna merah dari darah. Nah warna hijau dapat menyegarkan pandangan yang dilihat dokter.

Selain itu, ketika dokter terus-terusan melihat warna merah darah hingga merah muda, hal ini akan membuat otak mulai terbiasa dan membuatnya kesulitan membedakan variasi warna. Melihat warna hijau dalam membuat dokter jadi lebih sensitif dalam melihat gradasi warna.

2 dari 2 halaman

Warna Putih Mengganggu Konsenstrasi

Ilustrasi operasi © Diadona

Sebelum menggunakan warna hijau, para dokter menggunakan baju berwarna putih saat operasi karena alasan kebersihan. Namun, beberapa dokter merasa konsentrasinya terganggu saat mengenakan baju berwarna putih.

Pakaian putih juga tidak lagi disarankan digunakan saat operasi karena ketika fokus terlalu dalam pada warna merah bisa membuat ilusi warna hijau saat melihat ke permukaan putih.

Jadi meskipun diluar ruang operasi dokter identik dengan warna putih, namun ketika memasuki ruangan justru warna hijau lah yang membantu konsentrasinya jadi lebih fokus.

Beri Komentar