Gak Perlu Langsung Dikasih Obat, Ini 5 Alternatif Paracetamol Alami untuk Obati Demam Si Kecil

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 24 Oktober 2022 10:03
Gak Perlu Langsung Dikasih Obat, Ini 5 Alternatif Paracetamol Alami untuk Obati Demam Si Kecil
Selain punya manfaat baik, obat alami ini juga tak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Kandungan tertentu dalam obat paracetamol sirop diduga jadi biang kerok gagal ginjal akut. Padahal, paracetamol sirop kerap jadi pilihan ampuh untuk menurunkan demam anak Jika memang begitu, adakah cara lain untuk menurunkan demam anak? kamu tak perlu khawatir, ada beberapa alternatif paracetamol alami yang bisa diberikan pada anak.

1 dari 7 halaman

ilustrasi anak sakit © Diadona

Demam pada dasarnya merupakan kondisi alami yang menkamukan bahwa tubuh tengah berjuang melawan berbagai patogen yang masuk ke dalamnya. Dalam kondisi ini, artinya sistem kekebalan tubuh tengah menjalankan tugasnya.

Suhu tubuh normal pada anak berkisar di antara 36-37 derajat Celcius. Disebut demam jika suhu tubuh telah mencapai lebih dari 37,8 derajat Celcius dalam pengukuran di mulut.

2 dari 7 halaman

Selain suhu tubuh yang tinggi, demam juga membuat seseorang mengalami gejala lain, seperti berikut:

  • berkeringat,
  • panas dingin,
  • sakit kepala,
  • nyeri otot,
  • kehilangan selera makan,
  • lemas dan lesu.

Paracetamol sirop umumnya jadi 'pertolongan pertama' saat anak demam. Selain rasanya yang enak, obat dalam bentuk cair ini juga lebih mudah dicerna. Namun kini, obat paracetamol sirop dilarang. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan alternatif paracetamol alami berikut ini.

3 dari 7 halaman

Ilustrasi Kompres Demam © Diadona

  • Perbanyak asupan cairan

Dalam kondisi demam, anak akan membutuhkan banyak cairan. Orang tua mungkin perlu usaha ekstra untuk menambah asupan cairan anak. Mengutip Medical News Today, selain lewat air mineral, kamu juga bisa menambahkan asupan cairan anak melalui berikut:

- air kaldu,
- es potong,
- jus buah yang encer.

  • Kompres hangat

Kompres hangat pada dahi anak juga bisa jadi salah satu cara alami menurunkan demam pada anak. Basahkan waslap bersih dengan air hangat. Peras lalu taruh di bagian dahi anak.

4 dari 7 halaman

Mandi air hangat

Ilustrasi Anak Mandi © Diadona

  • Mandi air hangat

Suhu tubuh yang tinggi kadang membuat kamu merasa kegerahan dan tidak nyaman, tapi jangan tergoda untuk mengguyur tubuh anak dengan air dingin. Mirip seperti kompres dingin, taktik yang satu ini akan dengan seketika menyempitkan pembuluh darah sehingga memperlambat aliran darah yang menuju ke lokasi peradangan.

Di sisi lain, perbedaan suhu ekstrem ini justru membuat suhu tubuh anjlok secara tiba-tiba sehingga membuat badan jadi menggigil. Mandi air hangat membantu mengurangi demam secara bertahap dan aman.

5 dari 7 halaman

Ilustrasi Wedang Jahe © Diadona

  • Minum Air Jahe

Cara mengatasi anak panas secara tradisional yang bisa dicoba adalah meminum jahe. Rempah ini memiliki senyawa antibakteri yang membuatnya dianggap efektif melawan demam.

 

 

6 dari 7 halaman

Kapan mulai harus ke dokter?

Mengutip Verywell Health, jika batuk dan pilek pada anak kamu memburuk, mungkin sudah waktunya untuk pergi ke dokter. Anak kamu mungkin perlu diperiksa ke dokter, jika mereka:

  • Mengalami batuk yang sudah berlangsung lebih dari 10 hari
  • Keluhan nyeri dada atau leher
  • Demam (lebih dari 38 Celcius) selama lebih dari 3 hari

 

Beri Komentar