Waspada, Ini Penyebab, Gejala, dan Ciri Ciri Gagal Ginjal pada Anak

Reporter : Mila
Kamis, 20 Oktober 2022 14:30
Waspada, Ini Penyebab, Gejala, dan Ciri Ciri Gagal Ginjal pada Anak
Jangan anggap remeh ya!

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjabarkan perkembangan gejala pada kasus anak dengan gagal ginjal akut. Hal ini mereka lakukan menyusul ditemukannya 100 kasus ginjal akut misterius pada anak di Indonesia.

Seperti diketahui, fungsi ginjal utamanya untuk menyaring racun dan kotoran dari tubuh, mengontrol cairan di dalam tubuh, dan mengeluarkan limbah dari tubuh lewat urine. Selain itu, ginjal juga mengatur tekanan darah, produksi sel darah merah, dan kadar kalsium serta mineral di dalam tubuh. Saat ginjal tidak bisa bekerja secara normal, munculah gejala gagal ginjal pada anak.

1 dari 4 halaman

Penyebab Gagal Ginjal pada Anak

Penyebab gagal ginjal pada anak bisa berasal dari infeksi, cedera, syok, gagal jantung, keracunan, overdosis obat, kelainan bawaan, atau penyakit ginjal kronis yang tidak diobati sampai tuntas. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, pada orang tua perlu lebih mengenali beberapa gejala gagal ginjal pada anak yang biasanya kerap terlambat disadari.

Ilustrasi Anak Gagal Ginjal © Diadona

2 dari 4 halaman

Gejala Gagal Ginjal pada Anak

Berikut beberapa gejala gagal ginjal pada anak yang perlu diwaspadai:

  • Muntah-muntah dan tidak nafsu makan
    Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), anak yang fungsi ginjalnya menurun drastis bisa mengalami mual, muntah-muntah parah, dan tidak nafsu makan. Kondisi ini dipengaruhi peningkatan kadar ureum di dalam darah.

  • Pucat
    Penderita gagal ginjal pada anak biasanya juga terlihat pucat. Hal itu disebabkan rusaknya ginjal menurunkan produksi sel darah merah secara signifikan. Akibatnya, anak mengalami anemia berat.

  • Badan lemas dan kelelahan
    Orangtua juga perlu waspada kalau anak sering lemas dan badannya sering kelelahan padahal aktivitas fisik minim dan sudah cukup istirahat. Mereka bisa merasa kelelahan karena penumpukan ureum di dalam darah.

Ilustrasi Anak Gagal Ginjal © Diadona

3 dari 4 halaman

Ciri Ciri Gagal Ginjal Pada Anak

  • Tumbuh kembang terganggu
    Penyakit gagal ginjal pada anak juga bisa menyebabkan tumbuh kembang si kecil terganggu. Anak bisa mengalami keterlambatan tumbuh kembang, sampai telat pubertas. Hal itu dipengaruhi menurunnya nafsu makan anak selama ginjal tidak berfungsi.

     

  • Urine tidak keluar atau kencing berlebihan
    Melansir Children’s Hospital of Philadelphia, urine tidak keluar atau kencing berlebihan juga bisa jadi salah satu gejala gagal ginjal pada anak yang sifatnya akut dan kronis. Di beberapa kasus, urine ini berwarna merah.

     

  • Beberapa bagian tubuh bengkak
    Saat ginjal tidak bisa berfungsi optimal, cairan menumpuk di beberapa bagian tubuh. Pembengkakan ini bisa terlihat di wajah dan bagian tubuh lainnya.

     

  • Teraba benjolan di perut
    Gejala gagal ginjal pada anak lainnya yaitu muncul massa atau benjolan di perut atau kandung kemih. Benjolan ini bisa terasa ketika diraba.

     

  • Infeksi saluran kencing berulang
    Ciri-ciri gagal ginjal pada anak lainnya yaitu infeksi saluran kencing berulang. Kondisi ini terjadi lantaran sistem saluran kencing sampai ginjal bermasalah.

Beri Komentar