13 Cara Mengusir Nyamuk di Kamar yang Paling Mudah dan Cegah Datang Lagi

Reporter : Aditia
Rabu, 30 November 2022 16:19
13 Cara Mengusir Nyamuk di Kamar yang Paling Mudah dan Cegah Datang Lagi
Pusing cara mengusir nyamuk di kamar, mungkin kamu harus coba 13 tips ini!

Nyamuk merupakan serangga yang meresahkan sebab gigitan dan suaranya yang menganggu. Cara mengusir nyamuk di kamar dengan obat-obatan kadang tidak cukup. Nyamuk biasanya akan kembali dan semakin banyak. Akibatnya, kamu bisa gatal hingga bentol yang mengganggu aktivitasmu.

Nyamuk juga bisa membawa penyakit yang membahayakan tubuh, misalnya nyamuk yang membawa penyakit malaria. Karenanya, kamu perlu tahu cara mengusir nyamuk di kamar agar kualitas istirahatmu tidak berkurang karena diganggu nyamuk. Caranya pun cukup mudah dan kamu hanya membutuhkan beberapa bahan alami yang bisa kamu temui di rumah atau dapurmu.

Cara mengusir nyamuk di kamar yang satu ini dijamin bikin pergi kawanan nyamuk. Nah, tanpa banyak basa-basi, yuk usir nyamuk dengan beberapa hal di bawah ini.

1 dari 13 halaman

Nyalakan Kipas Angin

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Siapa sangka, menyalakan kipas angin adalah salah satu cara mengusir nyamuk di kamar. Hal ini dikarenakan angin yang akan membuat nyamuk kesulitan terbang. Meski tak benar-benar mengusir nyamuk. Namun cara ini bisa kamu coba untuk menghindari para kawanan nyamuk hinggap di kulitmu untuk mengigitmu.

 

2 dari 13 halaman

Hindari Cat Tembok Gelap dan Lampu Redup

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Lampu redup adalah salah satu hal yang membuat kita jadi cepat tidur karena suasana yang tenang. Namun, jika sedang musim nyamuk, sebaiknya hal ini dihindari. Menghindari lampu dan warna tembok yang gelap merupakan cara mengusir nyamuk di kamar agar kawanan binatang ini tidak semakin menginvasi waktu istirahatmu.

Nah, ada 3 warna cat tembok yang harus kamu pakai sebagai cara mengusir nyamuk di kamar, seperti putih, hijau, dan kuning kecoklatan. Warna-warna ini tidak disukai oleh nyamuk.

 

3 dari 13 halaman

Alat Elektronik Pembasmi Nyamuk

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Cara mengusir nyamuk di kamar yang lebih praktis adalah menggunakan alat elektronik. Cara ini cepat dan pastinya kamu diharuskan untuk terjaga memerangi kawanan nyamuk di kamarmu.

Ada dua pilihan alat elektronik pembasmi nyamuk, misalnya raket nyamuk atau lampu UV.

 

4 dari 13 halaman

Bersihkan Tumpukan Baju Kotor

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Hayo, siapa yang suka menumpuk baju kotor. Ini adalah kebiasaan yang bisa mengundang nyamuk di rumahmu lho. Untuk itu, cara mengusir nyamuk di kamar adalah dengan membersihkan tumpukan baju kotor, mencucinya, dan segera menjemur bajumu.

Bau busuk atau apek pada kain yang ditumpuk bikin nyamuk suka bergerombol untuk mendekam dengan nyaman. So, kamu harus rajin membersihkan baju yang kotor, jangan dibiarkan menumpuk terlalu lama ya.

5 dari 13 halaman

Minyak Kayu Manis

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Cara mengusir nyamuk di kamar yang satu ini menggunakan bahan rempah yaitu minyak kayu manis. Caranya, campurkan 120 ml air dengan 1 sendok teh minyak kayu manis, masukkan ke dalam botol spray.

Semprotkan cairan ini ke seluruh ruangan kamarmu yang kerap dihinggapi nyamuk, seperti kolong ranjang, bawah dan belakang lemari, atau tumpukan barang. Nyamuk tidak menyukai bau dari kayu manis, sehingga akan mudah pergi dari kamarmu.

6 dari 13 halaman

Pasang Kelambu

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Pasang kelambu adalah tips paling tidak membutuhkan usaha sebagai cara mengusir nyamuk di kamar. Cara ini akan melindungi kamu dari gigitan nyamuk. Terlebih, jika nyamuk yang berada di kamarmu adalah jenis nyamuk yang ganas.

Namun, kamu diharapkan untuk tidur tidak mepet dengan kelambumu agar nyamuk tidak menjangkau kulitmu melalui celah kelambu.

7 dari 13 halaman

Air Humidifier

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Air humidifier mampu mengatur kelembapan udara di kamarmu. Nah, kamu dapat menambahkan wewangian sebagai cara mengusir nyamuk di kamar. Wewangian yang tidak disukai nyamuk di antaranya adalah eucalyptus, lavender, tea tree, dan sebagainya.

Meski begitu, kamu juga harus memastikan wewangian tersebut tidak mengganggu penciumanmu ya.

8 dari 13 halaman

Tanaman Hias

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Tanaman hias juga merupakan salah satu cara mengusir nyamuk di kamar. Selain membuat tampilan kamar lebih segar, beberapa tanaman hias dipercaya tidak disukai nyamuk.

Salah satu tanaman hias yang bisa digunakan sebagai cara mengusir nyamuk di kamar adalah lavender. Tanaman berwarna ungu yang satu ini memang memiliki aroma yang kuat yang mampu membuat nyamuk hengkang dari kamarmu. Cukup taruh ke dalam pot yang sesuai, tara! Kamarmu jadi semakin cantik dan bebas dari serangan nyamuk.

9 dari 13 halaman

Buang Genangan Air

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Genangan air adalah musuh bagi semua pemilik rumah yang lelah memerangi populasi nyamuk. Nah, cara mengusir nyamuk di kamar yang paling utama adalah memeriksa genangan air.

Genangan air adalah tempat yang paling disukai nyamuk untuk kawin dan menetaskan telur yang akan berkembang biak menjadi nyamuk baru. Oleh karenanya, kamu harus mengeringkan genangan air di sekitar rumahmu, atau jika kamu memiliki bak maupun kolam, sebaiknya ditutup ya Diazens.

10 dari 13 halaman

Bawang Putih

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Bawang Putih adalah cara mengusir nyamuk di kamar dengan bermodalkan bahan dapur yang paling mudah ditemui. Caranya pun mudah, cukup rebus bawang putih, lalu masukkan air rebusan ke dalam spray.

Setelah itu, semprotkan cairan bawang putih tersebut ke beberapa area tempat nyamuk berkumpul.

11 dari 13 halaman

Ampas Kopi

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Sering ngopi dan tak tahu mau dikemanain ampasnya? Padahal ampasnya bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengusir nyamuk di kamar lho. Pasalnya, kopi adalah salah satu jenis bau-bauan yang kerap tidak disukai oleh beberapa jenis hewan hingga serangga.

Ampas kopi dapat kamu bakar lalu kelilingkan asapnya ke segala sudut ruangan kamarmu. Bau yang ditimbulkan oleh emisi karbondioksida ini akan bikin nyamuk pusing dan bingung melacak manusia.

12 dari 13 halaman

Serai

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Bahan dapur lainnya yang bisa digunakan untuk cara mengusir nyamuk di kamar adalah serai. Aromanya tak cuma bikin relaks dan tenang, namun juga tidak disukai nyamuk.

Cara yang paling muda adalah geprek serai dan gantungkan pada beberapa spot tempat berkumpulnya nyamuk atau cukup gunakan minyak serai yang aman lalu oleskan pada kulitmu.

 

13 dari 13 halaman

Tutup Pintu dan Jendela saat Petang

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar © Diadona

Menutup jendela saat mulai petang bukan hanya mitos dan pesan orang tua semata lho Diazens. Namun mengandung seribu manfaat di antaranya adalah sebagai salah satu cara mengusir nyamuk di kamar.

Nyamuk memang menyukai tempat yang gelap, terlebih di malam hari. Oleh karenanya, penting untuk menutup pintu dan jendela agar serangga kecil ini tidak masuk ke kamarmu.

 

Itu tadi 12 cara mengusir nyamuk di kamar yang aman, mudah, dan praktis. Gak perlu pusing lagi bangun tidur bentol dan gatal, cobain tips di atas!

 

 

Beri Komentar