Cabut Gigi Pakai Benang, Aman Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 5 Mei 2021 08:27
Cabut Gigi Pakai Benang, Aman Gak Sih?
Siapa yang suka kayak gini nih?

Salah satu masalah gigi ketika masih kecil adalah gigi yang masih bakal copot. Ketika sudah mulai goyang, itu tanda bahwa gigi bakal tanggal. Umumnya sih didiemin aja, ntar juga copot sendiri.

Namun, banyak juga yang giginya nggak copot-copot dan malah terus merasa sakit. Akhirnya, tak sedikit yang memutuskan untuk menarik gigi goyang itu dengan benang sampai copot.

Masalahnya, aman nggak sih copot gigi pakai benang gini?

 

1 dari 3 halaman

Gigi Goyang Copot Sendiri

Ilustrasi Sakit GigiIlustrasi Sakit Gigi © Shutterstock

Ternyata, copot gigi pakai benang ini emang nggak diperlukan. Sebab gigi goyang tersebut bisa secara alami copt sendiri. Hal ini dijelaskan oleh drg Felicia Melati SpKGA, melansir dari Detik.com.

" Sebenarnya gigi secara alami bisa copot sendiri. Kenapa harus pakai benang," ucap dokter yang akrab disapa dr Mela.

2 dari 3 halaman

Infeksi

Ilustrasi Sakit GigiIlustrasi Sakit Gigi © Shutterstock

Ditambahkan lagi, ternyata cabut gigi pakai benang sangatlah tidak disarankan. Sebab hal itu bisa berujung infeksi pada akar gigi. APalagi jika benang yang digunakan ternyata kotor.

" Tapi masih ada juga yang akarnya masih panjang tapi sudah goyang. Nah, mungkin itu karena ada infeksi dan kalau pakai benang bisa tambah infeksi juga," jelas dr Mela.

" Kalau masih ada akar, mungkin setelah dicabut seperti itu akan kesakitan, mungkin juga terjadi pendarahan yang banyak. Mungkin pula terjadi infeksi jika benang yang dipakai kotor," sambung Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD.

Beri Komentar