Boleh Gak sih Minum Air Dingin Pasca Olahraga?

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 24 Mei 2023 15:40
Boleh Gak sih Minum Air Dingin Pasca Olahraga?
Menurut para ahli, sebenarnya seseorang yang meminum air dingin setelah olahraga dapat mengurangi rasa dehidrasi.

Kita semua mungkin familiar dengan pernyataan 'Tidak boleh minum air dingin saat berolahraga' tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa meminum air dingin saat tubuh sedang bersuhu panas karena berolahraga sangat menyegarkan. Maka dari itu, masih banyak orang yang sering minum air dingin sehabis melakukan olahraga.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi olahraga © Diadona

Sempat ada beberapa pernyataan bahwa meminum air dingin sehabis melakukan olahraga akan menyebabkan serangan jantung atau penyakit berbahaya lainnya. Bahkan sempat beredar berita bahwa seorang remaja di Cina tewas sehabis main basket dan minum air dingin.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Minum Air Dingin © Diadona

Nyatanya, menurut para ahli, sebenarnya seseorang yang meminum air dingin setelah olahraga dapat mengurangi rasa dehidrasi. Selain itu, dilansir dari situs verywellfit.com, terdapat beberapa manfaat lain dari meminum air dingin setelah berolahraga (FWD Insurance, 2021), yaitu: 

  1. Dapat segera menyesuaikan suhu air dengan suhu tubuh dalam waktu 5 menit. Dengan begitu, akan mempercepat proses pergantian suhu tubuh yang hilang. 

  2. Dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan saat mengonsumsi air panas.

 

3 dari 4 halaman

Meskipun begitu, menurut dr. Nadia Nurotul Falah yang dilansir dari situs alodokter.com, menyatakan bahwa. 

Secara umum, tidak ada larangan mutlak untuk seseorang mengonsumsi air dingin sehabis olahraga. Hanya saja, saat berolahraga, metabolisme tubuh Anda akan meningkat, sehingga membuat panas tubuh diproduksi lebih banyak. Jika Anda langsung mengkonsumsi air dingin, yang suhunya terlalu kontras dengan suhu tubuh Anda, maka bisa timbul sensasi tidak nyaman, misalnya pusing, kembung, perih ulu hati, dan sebagainya. Selain itu, kebanyakan minuman dingin juga ditambahkan pemanis dan zat tambahan lain, yang cenderung membuat haus Anda lambat teratasi, menyebabkan lebih sering buang air kecil, memicu kegemukan, dan banyak lagi keluhan yang lain. Katanya.

 

4 dari 4 halaman

Sedangkan, remaja di Cina yang terkena serangan jantung tersebut mengkonsumsi air dingin usai berolahraga berat yaitu basket disaat cuaca sedang panas-panasnya, sehingga area otot tidak mendapatkan oksigen dalam jumlah yang cukup. 

Nah, Diazens! Kesimpulannya, kamu tetap boleh kok mengonsumsi air dingin nih, selama kalian tidak habis melakukan olahraga berat. 

At last, stay healthy, Diazens!

(Editor: Pinkhan Azarin Rahmawaty)

Baca Juga: Jadwal Pre Teacher Training hingga Workshop Yogakarta Elite Yoga School Bersama Monica Pramudita dan Master Noel Tak Hanya Sekedar Olah Fisik dan Pernafasan, Ini lho Pentingnya Memilih Guru Yoga Bersertifikasi Diet Bahagia Anti Stres, Ini 5 Tips Menjaga Nafsu Makan ala dr. Dion Haryadi Pentingnya Sarapan buat Kamu yang Lagi Diet, Jangan Suka Skip ya! Malas ke Gym, Ini 5 Akun YouTube yang Bisa Kamu Ikuti di Rumah

Beri Komentar