Tak Hanya Sekedar Olah Fisik dan Pernafasan, Ini lho Pentingnya Memilih Guru Yoga Bersertifikasi

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 22 Mei 2023 12:48
Tak Hanya Sekedar Olah Fisik dan Pernafasan, Ini lho Pentingnya Memilih Guru Yoga Bersertifikasi
Tak hanya sekedar menjual jasa, Monica Pamudita juga memaparkan tanggung jawab penuh seorang guru yoga terhadap kelas yang diajarkannya.

Yoga adalah salah satu alternatif olah fisik hingga pernafasan yang banyak dipilih. Jenis latihan ini tergolong simple karena kita cukup menggelar matras dan mulai melakukan yoga. Namun tak kalah pentingnya untuk kita bisa memilih guru yoga bersertifikasi demi sesi latihan yang aman, benar, dan tepat.

1 dari 5 halaman

Monica Pramudita adalah salah satu guru yoga bersertifikasi yang belum lama ini membagikan rangkaian program Yogakarta Elite School antara lain program persiapan menjadi guru yoga (TTC-200), Pre-Teacher Training, Master Workshop, Workshop Ashtanga, dan Special Class Ashtanga. Pada wawancara yang dilakukan Tim Redaksi Diadona pada Selasa (2 Mei 2023), Monica Pramudita menyampaikan bahwa sangat penting untuk memilih guru yoga bersertifikat demi mendapatkan sesi latihan yang aman.

“ Penting sekali datang ke kelas yoga untuk tahu yoganya itu yoga apa, gurunya siapa, latar belakang pendidikannya apa, karena yoga itu menyangkut tubuhnya kita lho, masak kita sama tubuh kita berani sembrono? Kan tidak.” jelas Monica.

2 dari 5 halaman

Monica Pramudita, Guru Yoga Berlisensi RYT 500 yang Konsisten Mengajar Ashtanga © Diadona

Tak hanya sekedar menjual jasa, Monica Pamudita juga memaparkan tanggung jawab penuh seorang guru yoga terhadap kelas yang diajarkannya. “ Jadi guru yoga, kita jual jasa pelayanan, jadi bukan masalah materi saja, tapi kalau untuk yoga kita lebih ke melayani orang. Kebanyakan orang yang datang ke kelas yoga memiliki keluhan otot dan sendi. Jangan sampai orang yang sudah sakit malah tambah sakit lagi”.

3 dari 5 halaman

“ Kalau mengajar yoga tanpa ilmu dan bekal yang cukup, akan menciderai murid yoganya. Keamanan kelas itu tanggungjawab guru. Yang kita pelajari di TTC adalah kita akan mempelajari Ashtanga Yoga dan Yoga Therapy YOGAKARTA untuk berbagai kebutuhan khusus (saraf kejepit, skoliosis, hipertensi, diabetes, kegemukan, hormonal, mental depresi dan kecemasan, dll”.

4 dari 5 halaman

Tidak hanya sekedar mengajar, baginya yoga adalah sebuah wadah untuk menularkan lifestyle yang baik kepada para pecinta yoga. " Yoga harus aman, nyaman, benar dan tepat" tutup Monica.

Informasi Program Pre Teacher Training Yogakarta Elite School © Diadona

Program Pre-TT (Pre Teacher Training), kursus persiapan menjadi guru yoga with Monica 500 RYT, YACEP akan dilaksanakan di Malang, 5-9 Agustus 2023 bertempat di Pramudita Yoga Studio Jalan Terusan Dieng 65 Kav. 1 Malang. Program ini diadakan secara offline dan online  dengan Exclusive Class terbatas maksimal untuk 5 orang. Materi yang disampaikan adalah pengenalan ashtanga yoga, cara mengajar ashtanga yoga bagi pemula, hingga bimbingan praktik dan koreksi.

Beri Komentar