Biar Gak Gampang Capek, Ini Tips Lari Buat Pemula

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 28 Mei 2021 08:27
Biar Gak Gampang Capek, Ini Tips Lari Buat Pemula
Mau mulai lari? Perhatikan hal ini biar nggak gampang capek.

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat diperlukan dalam keseharian agar tetap fit dan sehat dan menjalani aktivitas sehari-hari. Olahraga sendiri banyak jenis macamnya, salah satunya adalah lari.

Olahraga lari tentu butuh yang namanya kebiasaan. Jika belum terbiasa, biasanya bakal gampang capek misalnya. Nah merangkum dari Hello Sehat, ini tips lari buat pemula biar nggak gampang capek.

 

1 dari 5 halaman

Cek Kesehatan

Ilustrasi Lari © Diadona

Hal ini diperlukan untuk kamu yang udah jarang banget nih olahraga. Takutnya, ada masalah kesehatan tertentu yang ternyata membuatmu nggak boleh lari. Khususnya untuk yang sudah berusia di atas 40 tahun nih. Kali aja punya riwayat penyakit obesitas, atau jantung.

Kalau dokter mengizinkan, maka kamu baru bisa mulai melakukan olahraga lari. Namun bertahap dengan intesitas rendah terlebih dahulu.

 

2 dari 5 halaman

Mulai dengan Perlahan

Sebelumnya, pastikan kamu sudah memakai sepatu lari dan memakainya dengan benar ya. Jika sudah, jangan langsung lari, namun jalan cepat saja (bukan jalan biasa ya). Hal ini berguna untuk mempersiapkan tubuh kamu untuk lari.

 

3 dari 5 halaman

Jangan Buru-Buru

Ilustrasi Lari © Diadona

Jika sudah merasa siap untuk lari, maka larilah. Namun jangan terburu-buru larinya. Larilah dengan perlahan seperti halnya jogging, dan tingkat jarak temuh seiring berjalannya waktu. Berhubungan dengan ini, jangan lupa untuk mengatur napas dengan sebaik-baiknya. Di lain kesempatan, kamu baru bisa melakukan lari cepat jika memang sudah dirasa mampu.

 

4 dari 5 halaman

Sabar dan Konsisten

Olahraga adalah tentang kebiasaan. Termasuk olahraga lari. Tubuh kamu perlu mengondisikan sendi, tulang, dan otot, apalagi jika tujuannya lari untuk menurunkan berat badan. Tak perlu banyak-banyak, lari dua kali dalam seminggu saja sudah bisa membuat tubuh beradaptasi.

 

Beri Komentar