Kenapa Habis Minum Kopi Tetap Ngantuk?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 27 Mei 2021 08:26
Kenapa Habis Minum Kopi Tetap Ngantuk?
Padahal tujuannya minum kopi biar nggak ngantuk.

Kopi sudah tidak lagi asing di kehidupan masyarakat. Di berbagai daerah saja, warung atau kedai kopi bahkan sudah tersebar di mana-mana. Kalau malas keluar, kita juga bisa menyeduh kopi sendiri di rumah.

Banyak orang yang minum kopi dengan harapan mengusir rasa kantuk yang sedang melanda. Namun, ternyata tak sedikit dari kita yang sudah minum kopi, namun tetap saja ngantuk setelahnya.

Kira-kira kenapa, ya? Melansir dari Hellosehat, ini penyebabnya.

 

1 dari 3 halaman

Tubuh Sulit Mencerna Kafein

Ilustrasi Mengantuk © Diadona

Untuk beberapa orang, ternyata tubuh sulit untuk mencerna kafein yang dipengaruhi oleh gen-gen tetentu. Sehingga walaupun udah minum kopi nih, orang tersebut masih aja merasa ngantuk. Namun meski demikian, sebagian besar orang mungkin memang mempunyai kombinasi gen-gen sempurna. Alhasil, tubuh pun juga bisa mencerna kafein yang dikonsumsi dengan cepat.

Gen-gen yang bertugas untuk mengatur kepekaan sistem saraf terhadap kafein adalah gen yang berkode CYP12, POR, AHR ABCG2, dan CYP2A6, berdasarkan beberapa penelitian, salah satunya oleh University Feinberg School of Medicine di AS.

Jadi kalau ada orang bilang, " Aku nggak ngaruh minum kopi, tetap aja ngantuk" , bisa jadi itu benar adanya.

2 dari 3 halaman

Kurang Tidur

Ilustrasi Wanita Menguap © Diadona

Faktor lain yang membuat seseorang tetap ngantuk walau sudah minum kopi adalah kurangnya tidur. Hal ini menurut penelitian konferensi Amerizan Academy of Sleep Medicine dan Sleep Research Society di Amerika. Untuk orang-orang kurang tidur, ternyata secangkir kopi itu tidaklah cukup alias gak ngaruh.

Semakin sering kita kurang tidur, ternyata senyawa adenosin di dalam tubuh semakin banyak. Sedangkan senyawa tersebutlah yang membuat seseorang mengantuk. Jadi, kafein pada secangkir kopi itu kalah dengan senyawa adenosin di dalam tubuh, lebih menang rasa kantuknya.

 

3 dari 3 halaman
Beri Komentar