Apakah Konsumsi Makanan Berlemak Pasti Langsung Bikin Gemuk?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 9 Mei 2021 08:27
Apakah Konsumsi Makanan Berlemak Pasti Langsung Bikin Gemuk?
Ada yang berpikir demikian juga?

Bagi yang sedang memerhatikan berat badan, pasti pantang banget nih yang namanya makan makanan berlemak. Sebab, katanya makan makanan berlemak pasti bikin gemuk. Pertanyaannya, emak benar demikian?

 

1 dari 3 halaman

Ternyata melansir dari Hello Sehat, makanan berlemak gak selalu menambah berat badan. Memang benar lemak merupakan sumber energi alias kalori tubuh selain karbohidrat dan protein. Namun meski demikian, jumlah kalori masing-masing berbeda setiap satu gram-nya.

Satu gram karbohidrat dan protein menghasilkan 4 kalori, sedangkan 1 gram lemak menghasilkan 9 kalori. Makanya, lemak jadi dianggap bisa menambah berat badan. Padahal, kenyataannya tak selalu begitu.

 

2 dari 3 halaman

Namun kalau dikonsumsi terus-terus sih, ya udah pasti bikin gemuk ya. Namun harus milih-milih nih lemaknya. Ada juga lemak yang pasti bikin gemuk tapi bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit. Sebut saja junk food. Kalau keseringan makan, emangbisa menambah berat makan. Namun emang mau jadi penyakitan?

Melansir dari Huffington Post via Detik.com, tak hanya lemak, karbohidrat dan protein pun berperan penting dalam penambahan berat badan. Namun dengan catatan, jika mereka dikonsumsi dengan berlebihan. Ditambahkan lagi, kelebihan makan karbohidrat juga bisa meningatkan insulin dan penyimpanan lemak sehingga bisa menambah berat badan, dibanding dengan kelebihan makan lemak itu sendiri.

 

3 dari 3 halaman

Ya jadi, lemak tak serta merta bisa menambah berat badan ya. Semua kandungan makanan berperan penting dalam menambah berat badan. Meski demikian, jika berat badanmu nggak mau naik, jangan sampai makan berlebihan.

Makanlah secukupnya, kamu sendiri yang tahu gimana porsi yang tepat untuk dirimu sendiri. Namun jangan sampai juga menghindar, sebab lemak juga punya peran penting untuk tubuh~

Beri Komentar