Pertama Kali Mau Diet, Apa yang Harus Dilakukan?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 20 April 2021 08:27
Pertama Kali Mau Diet, Apa yang Harus Dilakukan?
Jangan asal-asalan, ikutan tipsnya bagi pendiet pemula!

Mempunyai badan body goals agar mempunyai hidup sehat adalah impian sebagai besar wanita. Mungkin selama ini masih banyak orang yang masih bodo amat dengan tubuhnya. Namun, pada suatu waktu, pasti tiba saatnya seseorang akan mulai peduli dengan tubuhnya dan memutuskan diet.

Nah, sebenarnya apa yang harus dilakukan untuk pendiet pemula? Apakah harus nggak makan sama sekali? Eits, jangan sembarangan, Hafizhatunnisa, S.Gz, founder Gizipedia Indonesia, menjelaskan hal ini.

1 dari 5 halaman

Self-Care

Ilustrasi Wanita DietIlustrasi Wanita Diet © Shutterstock

Satu hal yang mendasar untuk diet pemula adalah mempunyai jiwa mencintai diri sendiri. Sebab mempunyai mindsiet seperti inilah yang akan menentukan diet seperti apa yang akan kita jalani.

" Ini penting banget. Karena orang yang biasa memulai diet itu nggak peduli dengan dirinya sendiri, itu biasanya mau metode cepat," jelas wanita lulusan Universitas Darussalam Gontor ini. " Jatuhnya nggak sehat. Nanti malah nyari suplemen pelangsing, dan lain-lainnya."

" Beda dengan yang self-care. Misalnya karena memang gampang capek dan mulai merasa melihat tanda-tanda kegemukan, dia akan mulai hidup sehat seperti menjaga pola makan dan olahraga."

Dari mindset, ternyata setiap orang bakal mulai diet dengan cara yang berbeda, diet sehat atau tidak sehat.

" Jangan sampai mulai diet karena benci sama tubuhmu sendiri, tapi mulailah diet karena kamu perhatian terhadap tubuh kamu.

2 dari 5 halaman

Ketahui Kebutuhan Kalori Sehari

Ilustrasi Wanita DietIlustrasi Wanita Diet © Shutterstock

Yang kedua kamu mungkin sudah seharusnya peduli berapa jumlah kalori yang diperlukan dalam sehari. Hafizhatunnisa menjelaskan agar bisa menjadi semakin maksimal dalam menjalani diet dan tak sembarangan.

" Coba cari tahu dulu, jumlah kalori yang dibutuhin per hari berapa. Jadi jangan sampai kamu makan dikit banget, atau minum susu-susuan aja, langsung berhenti makan nasi, dan lain sebagainya. Nggak boleh gitu, harus setop. Jadi cari tau dulu, sehari butuhnya berapa.

 

3 dari 5 halaman

Kurangi 500 Kalori

Ilustrasi Wanita DietIlustrasi Wanita Diet © Shutterstock

Jika sudah mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan dalam sehari berapa, wanita kelahiran 1998 ini mengatakan jumlah kalori sehari tersebut bisa dikurangi 20 persennya, atau kalau nggak mau ribet langsung aja kurangi 500 kalori.

" Kalo udah tahu berapa, misalnya perempuan 1300, kurangi aja 20 persennya, atau kalau nggak mau ribet ngitung, kurangi aja 500 kalori.

 

4 dari 5 halaman

Kurangi Minuman Manis

Takjil Buka Puasa - Es Teh YakultTakjil Buka Puasa - Es Teh Yakult © 2021 eatbook.sg

Tips terakhir dari Hafizhatunnsi adalah mengurangi segala bentuk minuman manis. Bisa teh, atau bahkan minuman kekinian yang sudah gampang banget kita jumpai di mana-mana.

" Apa aja sih? Minuman kekinian. Es teh, pokoknya minuman-minuman manis, minuman dengan gula."

Alasannya adalah karena minuman manis itu tinggi gula dan juga tinggi kalori, tapi nggak bikin kenyang. Bisa-bisa karena nggak bikin kenyang, kalau dikonsumsi terus-terusan, malah bikin gemuk lagi.

" Kenapa harus dikurangi? Karena tinggi gula, tinggi kalori, tapi nggak bikin kenyang. Kalau dikonsumsi terus-menerus, bisa-bisa nanti tubuh mengkonsumsi lebih dari jumlah kalori yang dibutuhkan. Nanti kita malah kegemukan lagi."

Beri Komentar