6 Penyakit Kulit Jamur di Selangkangan, Obat dan Pencegahannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 5 Mei 2020 16:11
6 Penyakit Kulit Jamur di Selangkangan, Obat dan Pencegahannya
Penyakit kulit jamur sering dikaitkan karena kurangnya kebersihan diri. Gimana biar si gatal ini hilang dan nggak kembali lagi?

Penyakit kulit jamur seringnya muncul dalam bentuk ruam yang bikin gatal. Memang sih nggak nyaman, tapi nggak berbahaya kok.

Ada jutaan jenis jamur yang ada di alam, mulai dari tanah, tanamana, bahkan yang secara alami udah hidup di kulit manusia. Kehadiran mereka umumnya nggak bikin masalah kok, kecuali berkembang lebih cepat atau menembus kulit melalui bekas luka.

Kayak yang ada di alam, jamur tumbuh subur di tempat yang lembab dan mudah berkeringat. Contohnya nih, di kaki, pangkal paha atau di lipatan kulit.

Beberapa penyakit kulit jamur ini sangat umum, gatal, dan nggak berbahaya. Penyebarannya terjadi dengan kontak langsung, termasuk bersentuhan atau berbagi pakaian.

1 dari 4 halaman

Penyakit Kulit Jamur di Selangkangan

Penyakit Kulit Jamur © Diadona

Salah satu area favorit bagi penyakit kulit jamur untuk tubuh, yaitu di selangkangan. Penyakit kulit jamur ini disebut dengan Tinea Cruris, dan merupakan hal yang umum banget terjadi pada pria atau remaja pria.

Penderita bakalan ngerasain ruam merah yang gatal, dan biasanya muncul di daerah selangkangan atau di sekitar paha bagian atas. Dan ruam ini mungkin bakalan memburuk setelah melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya.

Selain itu, ruam juga bisa menyebar ke bokong ataupun perut.

Kayak gimana penampakannya? Well, kulit yang terdampak bakalan keliatan bersisik atau pecah-pecah.

2 dari 4 halaman

Penyakit Kulit karena Jamur

Penyakit Kulit Jamur © Diadona

Selain menyerang selangkangan, ada juga nih beberapa penyakit kulit jamur yang menyerang bagian tubuh lainnya. Simak yuk!

Kurap

Kayak yang sering muncul di iklan obat , penyakit jamur kulit berupa kurap ditandai dengan bercak merah, bersisik, atau bejolan yang terasa gatal. Seiring waktu, maka benjolan itu bakalan berubah jadi semacam tambalan berbentuk cincin atau lingkaran.

Kaki Atlet

Kayak namanya, penyakit jamur kulit ini menyerang kaki. Tapi bisa kaki semua orang lho, nggak cuman atlet doang.

  • Jamur menginfeksi jari di antara kaki, dengan gejala berupa
    Gatal, atau sensasi terbakar di jari-jari kaki atau telapak kaki
  • Kulit merah, bersisik, kering
  • Kulit pecah atau melepuh

Kurap pada Kulit Kepala

Nggak cuman menginfeksi kulit tubuh, penyakit kulit jamur juga bisa menyerang kulit kepala. Infeksi ini umum banget menyerang anak kecil, dan bisa diobati dengan obat oral atau shampoo antijamur.

Apa yang biasanya terlihat dari penyakit kulit jamur ini?

  • Bersisik atau merah di sekelompok kulit kepala
  • Gatal di area tersebut
  • Nyeri

Tinea Versikolor

Merupakan penyakit kulit jamur yang bikin penderitanya mendapatkan bercak kecil berebntuk oval di kulit. Penyebabnya adalah pertumbuhan jamur dari jenis Malassezia , yang secara alami terdapat pada kulit sekitar 90 persen orang dewasa.

Kemunculannya paling sering ada di punggung, dada dan lengan atas. Warnanya bisa berupa leboih terang atau lebih gelap dibanding dengan bagian kulit yang lain. Rasanya gatal dan juga terlihat bersisik.

Candidiasis

Penyakit kulit jamur ini disebabkan oleh jamur candida, yang memang secara alami udah ada di dalam tubuh. Saat tumbuh berlebihan, maka terjadilah infeksi.

Infeksi ini menyerang di area yang hangat, lembab, dan bersirkulasi udara buruk. Contohnya, di bawah payudara dan lipatan bokong.

3 dari 4 halaman

Obat Penyakit Kulit Jamur

Dan tenang aja, penyakit jamur kulit ini ada obatnya kok. Obat ini banyak dijual bebas, berfungsi untuk membunuh jamur secara langsung dan mencegahnya untuk tumbuhd an berkembang.

Selain obat, perawatan rumahanjuga penting untuk membantu menghilangkan penaykit kulit jamur, yaitu

Menjaga area yang terinfeksi biar tetap bersih dan keringMengenakan baju yang longgar yang memungkinkan kulit untuk bernapas

4 dari 4 halaman

Penyakit Kulit Akibat Jamur dan Cara Pencegahannya

Penyakit Kulit Jamur © Diadona

Penyakit kulit jamur memang nggak berbahaya, tapi nggak nyamannya itu lho! Biar nggak terkena, berikut tips yang kudu terus diingat:

  • Selalu jaga kebersihan
  • Jangan berbagi handuk, pakaian, atau baju lainnya dengan orang lain
  • Pakai baju bersih setiap hari, terutama kaos kaki dan celana dalam
  • Pilih baju dan sepatu yang memungkinkan kulit untuk bernapas dengan baik
  • Keringkan badan dengan benar
  • Pakai sandal jepit
  • Jauhi binatang yang punya tanda-tanda infeksi jamur, seperti bulu yang hilang atau hewan yang sedang sering menggaruk

Penyakit kulit jamur yang nggak diobati, bisa menyebar dan lebih teriritasi lagi. Tapi dengan pengobatan yang benar, yakin deh penyakit ini bsia sembuh dengan segera!

Beri Komentar