Bisa Nggak sih Tipe Kulit Kita Berubah Seiring Berjalannya Waktu?

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 3 Juni 2020 19:30
Bisa Nggak sih Tipe Kulit Kita Berubah Seiring Berjalannya Waktu?
Kadang ngerasa tipe kulit kamu berubah juga nggak?

Mengetahui tipe kulit yang tepat memang sangat perlu ya untuk menentukan makeup maupun skincare seperti apa yang akan kita digunakan. Tapi saat kita sudah menentukan tipe kulit yang tepat, pernah nggak sih kamu merasakan di suatu waktu kulitmu mengalami perubahan?

Misal, sebelumnya tipe kulit kamu berminyak namun berubah menjadi kering atau sensitif. Atau malah tiba-tiba jadi lebih kering dan kusam. Memang, bisa nggak sih tipe kulit kita mengalami perubahan? Berikut ulasannya yang dilansir dari skincare.com.

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wajah Mulus © Diadona

Menurut ahli kulit sekaligus pendiri Entiere Dermatology Melissa Kanchanapoomi Levin, M.D., setiap orang punya beberapa kombinasi kulit kering dan berminyak pada saat yang berbeda dalam hidupnya.

" Secara umum, bagaimanapun juga saat kamu muda, pH kulitmu cenderung lebih asam," kata Levin.

Berbeda lagi nih saat dewasa, tingkat pH kulit kita akan meningkat dan menjadi lebih mendasar. Karena itulah tipe kulit kita cenderung berubah.

2 dari 4 halaman

Faktor Penyebab Tipe Kulit Berubah

Selain itu, ada juga faktor-faktor eksternal yang bisa jadi penyebab perubahan tipe kulit kita seperti faktor lingkungan, produk perawatan kulit dan makeup, keringat, genetika, hormon, cuaca dan obat-obatan.

Levin menjelaskan ada beberapa cara nih untuk mengetahui apakah tipe kulit kita sedang mengalami perubahan atau sebaliknya. Salah satu cara yang paling sederhana yakni dengan mengamati perubahan kulit yang kita rasakan.

" Jika kulit kamu berminyak tapi sekarang tampak kering dan mudah teriritasi, ada kemungkinan kulitmu sudah berubah dari jenis kulit berminyak menjadi sensitif," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi

Ilustrasi Penggunaan Skincare © Diadona

Lalu, apa sih yang bisa kita lakukan jika tipe kulit kita mengalami perubahan? Tentunya hal ini tergantung pada jenis kulit kamu ya. Saat mengalami perubahan, Levin menyarankan untuk menyederhanakan skincare routinemu jika kamu merasa kulitmu mulai berubah dan sensitif.

“ Menggunakan cleanser yang lembut dan memiliki pH yang seimbang, pelembab, dan juga sunscreen adalah hal paling dasar untuk skincare routinemu, tak peduli apapun jenis kulit yang kamu miliki.”

4 dari 4 halaman

Tapi, beda lagi bagi kamu yang memiliki tipe kulit yang cenderung kering. Jika kamu punya tipe kulit satu ini, carilah produk yang diformulasikan dengan bahan pelembab seperti gliserin, asam hialuronat dan dimetikon yang memang dirancang untuk membantu melembabkan kulit yang kering.

" Nggak peduli apapun tipe kulit kamu, melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan sunscreen adalah pertahan terbaik untuk melindungi kulit dari kerusakan," pungkas Levin. 

Tipe kulit kita boleh saja berubah, tapi merawat kulit dengan produk yang tepat akan memberikan hasil yang tetap sama.

So, nggak usah khawatir ya bila kamu mengalami perubahan tipe kulit. Dengan melakukan perawatan yang tepat, hal ini bukan jadi masalah kok.

Beri Komentar