Bukan Digigit Nyamuk, Kenapa ya Muncul Bintik Merah Di Kulit?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 1 Juni 2020 12:25
Bukan Digigit Nyamuk, Kenapa ya Muncul Bintik Merah Di Kulit?
Pernah ngalamin hal ini nggak?

Tubuh selalu memiliki caranya untuk menyampaikan ketika tubuhnya tengah dalam keadaan tidak baik. Begitupun ketika muncul bintik merah secara tiba-tiba di beberapa bagian tubuh.

Banyak yang menganggap enteng, karena merasa tidak ada efek parah yang dirasakan. Biasanya hanya disertai dengan rasa gatal atau perih yang tidak terlalu.

Namun kita perlu menyadari jika ini merupakan reaksi yang diberikan tubuh atas suatu hal. Nah penyebabnya sendiri terdapat beberapa hal, dilansir dari berbagai sumber simak beberapa penyebab munculnya bintik merah di kulit ini deh.

1 dari 6 halaman

Biang keringat


Nggak hanya dialami bayi atau anak kecil saja, biang keringat juga dapat dialami orang dewasa lho. Hal ini terjadi ketika terdapat keringat yang terjebak di bawah kulit, biasanya hal ini sering terjadi ketika cuaca sedang panas. Awalnya akan muncul bintik-bintik merah, lama kelamaan bintik merah ini terkadang berisi cairan.

 

2 dari 6 halaman

Dermatitis Kontak

Ilustrasi Kulit Gatal © Diadona


Kulit dapat mengalami dermatitis kontak setelah menyentuh suatu zat yang bersifat alergen atau iritan, misalnya seperti produk pembersih yang memiliki bahan kimia aktif kuat.

Kulit pun akan bereaksi terhadap zat tersebut sehingga muncul bintik merah, rasa terbakar, perih hingga gatal.

 

3 dari 6 halaman

Alergi Obat


Alergi obat dapat terjadi bila tubuh menunjukkan reaksi alergi setelah mengonsumsi suatu obat.

Salah satu gejala yang bisa ditimbulkan adalah munculna bintik-bintik merah pada kulit yang sifatnya ringat. Namun pada kondisi tertentu, hal ini juga bisa disertai dengan rasa gatal atau bahkan menimbulkan ruam pada kulit.

 

4 dari 6 halaman

Dermatitis Atopik

ilustrasi gatal © Diadona


Dermatitis atopik merupakan jenis eksim yang paling umum terjadi. Hingga kini nggak diketahui secara pasti apa yang menyebabkannya,namun faktor genetik dan lingkungan yang kurang bersih bisa jadi meningkatkan risiko munculnya penyakit ini.

Pada umumnya Dermatitis atopik ini menyebabkan munculnya bercak merah yang kering dan kulit gatal.

5 dari 6 halaman

Demam Berdarah


Munculnya bintik merah adalah salah satu gejaala demam berdarah. Kondisinya berkisar dari ringan hingga berat. Selain bintik-bintik merah dikulit, biasanya juga diiringi dengan nyeri sendi dan otot yang parah. Karena itu perlu waspada jika mengalami hal ini.

 

6 dari 6 halaman

Kudis

Ilustrasi Gatal di Kaki © Diadona


Kudis adalah masalah kulit yang disebabkan oleh tungau mikroskopis. Kondisi ini memang sangat menular, dan dapat mudah menyebar jika terdapat kontak langsung dengan kulit yang terkena gangguan kulit ini.

Ketika terkena kudis, umumnya kulit akan muncul bintik-bintik merah pada kulit, disertai gatal-gatal yang luar biasa.

Nah itu dia kemungkinan penyebab munculnya bintik merah pada kulit. Intinya sih jika muncul bintik merah, kamuperlu segera waspada, kira-kira gejala tubuh apa lagi yang kamurasakan. Jika muncul gatal, ruam atau bahkan nyeri sendi, maka kamuperlu segera memeriksakannya ya. Namun jika tidak ada gejala bersamaan yang ditimbulkan maka kmungkinan bintik tersebut bukan suatu tanda bahaya kok.

Beri Komentar