5 Manfaat Terapi Berjalan Jinjit untuk Kesehatan, Wajib Banget Dicoba!

Reporter : Mila Ismiranda
Senin, 25 Oktober 2021 07:57
5 Manfaat Terapi Berjalan Jinjit untuk Kesehatan, Wajib Banget Dicoba!
Dari tua sampai muda bisa banget coba lho!

Berjinjit memang bukan hal yang asing lagi. Berjalan dengan cara berjinjit dalam waktu yang sangat lama bisa menyebabkan serangkaian masalah kesehatan pada kaki, terutama bagian betis dan pinggul.

Tapi, ternyata jinjit juga bisa digunakan dalam terapi fisik atau bagian dari rutinitas penguatan kaki bagian bawah. Latihan ini tidak memerlukan peralatan apa pun sehingga aman, murah, dan efisien.

1 dari 5 halaman

Memperlancar Sirkulasi Darah

Otot-otot kecil dalam jemari kaki bisa menegang kalau digunakan secara berlebihan atau terus-menerus, sehingga menyebabkan nyeri pada kaki. Berjinjit secara rutin mampu meregangkan otot-otot tersebut sehingga sirkulasi darah akan meningkat dan kaki pun terasa semakin rileks dan nyaman. 

2 dari 5 halaman

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Ilustrasi Tubuh SeimbangIlustrasi Tubuh Seimbang © Shutterstock

Melansir sci-hub.se, ada penelitian pada tahun 2015 tentang pengaruh berjinjit pada keseimbangan 25 penari dan 25 non-penari. Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa para penari lebih sering menggunakan otot fleksor hallucis longus, sehingga data keseimbangan tubuh yang dihasilkan lebih tinggi daripada non-penari. 

3 dari 5 halaman

Menopang Telapak Kaki Datar (Flat Feet)

Normalnya, manusia punya celah di bawah bagian dalam telapak kaki saat berdiri. Sementara, manusia dengan flat feet punya lengkungan yang sangat rendah atau bahkan tidak memiliki lengkungan sehingga tampak rata dengan tanah.

Melansir medicalnewstoday.com, kalau kondisi flat feet dialami anak-anak, maka akan terjadi perkembangan tulang yang abnormal seperti spina bifida. Sementara pada orang dewasa, hal itu menyebabkan nyeri pada persendian terutama pada bagian pinggul dan lutut akibat distribusi berat tubuh yang tidak merata.

Nah, berjalan secara jinjit bisa memperkuat lengkungan kaki sehingga mampu menopang tubuhmu dengan sangat baik.

4 dari 5 halaman

Memperkuat Pergelangan Kaki

Ilustrasi JinjitIlustrasi Jinjit © Shutterstock

Bagian kaki terdiri dari tendon atau otot berukuran besar seperti tendon Achilles (penghubung otot betis ke tulang tumit), otot fleksor hallucis longus (penghubung bagian dalam pergelangan kaki ke jempol kaki), dan otot fleksor digitorum (penghubung bagian dalam pergelangan kaki ke jari kaki lainnya). Tanpa otot-otot itu, pergerakan sederhana seperti berjalan akan sangat sulit dilakukan.

Seperti yang dilansir healthyliving.com, terapi berjinjit secara rutin membuat kamu akan sering melatih ketiga otot tersebut bergerak bersamaan sehingga bisa memperkuat pergelangan kaki.

Efeknya, kondisi stres hingga cedera pada tumit akibat terlalu lama berdiri atau berlari maupun tekanan yang berlebihan dari alas kaki yang dipakai akan berkurang drastis.

5 dari 5 halaman

Mengatasi Penyakit Plantar Fasciitis

Dalam laman webmd.com dijelaskan bahwa plantar fasciitis adalah nyeri di bagian tumit atau bagian tengah kaki yang disebabkan oleh ligamen tebal yang menghubungkan tumit ke bagian depan kaki (plantar fascia).

Ada banyak pilihan pengobatan untuk hal tersebut, di antaranya melalui obat-obatan, sepatu ortopedi, maupun mengompres dengan bungkusan es. Terapi berjinjit juga adalah pilihan yang sangat baik karena tidak memerlukan banyak energi dan tidak banyak menimbulkan efek samping. Pengetahuan ini ditunjang melalui hasil penelitian pada tahun 2014 yang tercantum dalam laman sci-hub.se.

Beri Komentar